Cara Memasukkan Dan Membuat Watermark Di Word 2013

Advertisement
Biasanya, Watermark berupa teks yang memudar atau sebuah gambar yang ditampilkan pada background/latar belakang tiap halaman dokumen. Fungsinya bisa sebagai pengingat atau pemberitahuan penting bahwa dokumen memerlukan perlakuan khusus. Misalnya, sebuah dokumen mungkin menggunakan Watermark untuk memperingatkan pembaca bahwa konten tersebut bersifat rahasia atau masih berupa draft.

Di Word 2013, Anda bisa menggunakan Watermark built-in, seperti DRAFT atau SAMPLE, atau Anda bisa membuat Watermark sendiri yang berupa teks atau gambar.

Cara memakai Watermark built-in:

  1. Pada tab Design, di grup Page Background, klik Watermark.
  2. Klik item pada galeri Watermark yang ingin Anda gunakan.
    Gambar: cara membuat watermark di word.

Cara membuat Watermark dari teks:

  1. Pada tab Design, di grup Page Background, klik Watermark.
  2. Klik Custom Watermark pada bagian bawah galeri Watermark yang ditampilkan.
  3. Klik Text Watermark pada kotak dialog Printed Watermark.
  4. Untuk menggunakan bahasa lain, klik kotak Language dan pilih bahasa dari daftar drop-down. Ketika Anda memilih bahasa lain, Watermark built-in akan otomatis diterjemahkan.
  5. Pada kotak Text, pilih sebuah entry dari daftar drop-down atau ketikkan teks Anda sendiri.
  6. Pilih warna, layout, huruf dan ukuran yang Anda inginkan.
  7. Klik OK.

Cara membuat Watermark dari gambar:

  1. Pada tab Design, di grup Page Background, klik Watermark.
  2. Klik Custom Watermark pada bagian bawah galeri Watermark yang ditampilkan.
    Gambar: membuat watermark di word.
  3. Klik Picture Watermark pada kotak dialog Printed Watermark.
  4. Klik tombol Select Picture.
  5. Pada kotak dialog Insert Picture, pilih gambar dari komputer, SkyDrive, Clip Art atau dari internet.
  6. Kembali ke kotak dialog Printed Watermark, ketikkan nilai pada kotak Scale atau klik sebuah item pada daftar drop-down untuk menentukan ukuran gambar.
  7. Secara default, check box Washout dalam keadaan terpilih, yang akan memudarkan gambar untuk membuat teks diatasnya bisa dibaca. Jika ternyata gambar memudar terlalu banyak, kosongkan check box tersebut.
  8. Klik OK.
Tips & Trik:
  • Jika ternyata sudah ada Watermark dalam dokumen, Watermark tersebut akan secara otomatis dihapus ketika Anda memilih Watermark lainnya.
  • Watermark di Word 2013 sebenarnya adalah objek WordArt atau gambar yang dimasukkan pada area Header dan diposisikan pada tengah-tengah halaman. Sebagaimana dengan item lainnya pada Header, Anda bisa membuat Watermark untuk tiap Section berbeda-beda dengan cara menonaktifkan tombol Link To Previous pada tab kontekstual Header & Footer Tools | Design. Anda juga bisa membuka Header Pane dan klik pada objek untuk memilihnya, gunakan perintah pada tab kontekstual WordArt Tools untuk mengubah bentuk, ukuran, warna, dan lainnya. Jika Watermark berupa gambar, gunakan perintah pada tab kontekstual Picture Tools untuk mengubah warna, kecerahan, kontras, dan format lainnya.
  • Lakukan tes terlebih dahulu dengan mencetak satu atau beberapa halaman dokumen untuk memverifikasikan ukuran dan transparansi dari Watermark sebelum Anda memulai mencetak dalam jumlah besar, Jika Anda memilih Watermark teks built-in dan huruf tidak tercetak, buka kotak dialog Printed Watermark dan kosongkan check box opsi Semitransparent.

Artikel terkait:
Advertisement