Cara Menggunakan Format Painter Word 2013

Advertisement
Sering kali, Anda menemukan sebuah teks yang telah diformat sesuai degan keinginan Anda pada satu lokasi, dan Anda ingin mengkopi format tersebut ke teks lain dalam dokumen. Untuk melakukan hal ini, Anda bisa membuat style atau menggunakan tool Format Painter. Format Painter bertindak seperti perintah Copy dan Paste, tapi hanya formatnya saja yang disalin, bukan teksnya. Shortcut keyboard untuk melakukan Copy dan Paste format adalah [CTRL + SHIFT + C] dan [CTRL + SHIFT + V], mirip dengan Copy dan Paste teks [CTRL + C] dan [CTRL + V], hanya saja tanpa tombol [SHIFT].

Cara Copy dan Paste format ke tempat lain:

  1. Pada tab Home, di grup Paragraph, klik tombol Show/Hide ¶ untuk menampilkan tanda paragraf dan simbol format tersembunyi lainnya dalam dokumen.
  2. Pilih teks yang memiliki format yang ingin Anda Copy. Jika Anda ingin menyalin format karakternya saja, jangan menyertakan tanda paragraf (¶). Jika Anda ingin menyalin format paragrafnya saja, pilih tanda paragrafnya (¶).
  3. Untuk menyalin format, pada grup Clipboard, klik tool Format Painter, atau tekan tombol keyboard [CTRL + SHIFT + C].
  4. Jika Anda memilih untuk menyalin format menggunakan Format Painter, drag/tarik kursor mouse spesial ke sepanjang lokasi dimana Anda ingin mengaplikasikan format tersebut. Jika Anda melakukan Copy format dengan menggunakan tombol keyboard [CTRL + SHIFT + C], pilih teks yang ingin diaplikasikan dengan format tersebut, lalu tekan [CTRL + SHIFT + V].
Tips & Trik:
Jika Anda ingin mengulangi format yang sama di beberapa tempat, klik-dua-kali tombol Format Painter untuk tetap menjadikannya aktif/ON setelah dipakai sekali. Tekan [ESC] atau klik tombol Format Painter lagi untuk menonaktifkannya. Jika Anda mengunakan shortcut keyboard, format yang disalin akan tetap tersedia (Anda bisa melakukan Paste format yang sama berulang kali) hingga Anda menyalin format lainnya.

Artikel terkait:
Advertisement