Cara Membuat Dan Mencetak Label Dan Kartu Nama Di Word 2013

Advertisement
Word 2013 menggunakan fitur yang sama untuk membuat label dan kartu nama (Business Card), perbedaannya hanya pilihan format yang Anda gunakan. Jika Anda tidak ingin membuat desain sendiri, Anda bisa download template label dari Office.com dan sumber online lainnya.

Cara mencetak satu label atau satu halaman penuh label:

  1. Jika Anda membuat label untuk surat yang berisi alamat penerima, buka dokumen surat. Jika tidak, buka sembarang dokumen seperti dokumen kosong default-nya.
  2. Pada tab Mailings, di grup Create, klik Labels.
  3. Pada kotak dialog Envelopes And Labels, jika kotak Address kosong, atau jika teks kurang lengkap atau salah, tambahkan atau edit teks tersebut.
  4. Jika nama produk dan nomor yang ditampilkan pada bagian Label di kotak dialog sudah sesuai dengan kertas label yang ada pada printer, lanjutkan langsung ke langkah nomor 9. Jika tidak, pada bagian bawah kotak dialog, klik tombol Options dan lanjutkan ke langkah nomor 5.
  5. Klik tombol opsi yang mendeskripsikan tipe printer yang terhubung dengan komputer Anda. Printer laser dan mayoritas printer inkjet adalah Page Printers, sedangkan printer dot-matrix biasanya Continuous-Feed Printers. Jika printer memiliki tray input lebih dari satu, pilih salah satu yang berisi kertas label.
  6. Jika kotak daftar Label Vendors tidak menampilkan nama pabrik-pembuat kertas label yang Anda gunakan, klik kotak tersebut dan pilih nama vendor yang benar.
  7. Jika item yang dipilih pada kotak daftar Product Number tidak sesuai dengan deskripsi kertas label, pilih item yang benar.
  8. Klik OK.
  9. Pada bagian Print di kotak dialog Envelopes And Labels, klik opsi Full Page Of The Same Label atau Single Label sesuai kebutuhan. Jika Anda memilih Single Label, Anda bisa menentukan pada baris dan kolom mana alamat akan dicetak. Ini sangat berguna jika Anda mencetak pada kertas label bekas/sisa yang sebagiannya sudah digunakan.
  10. Klik tombol Print.

Cara mencetak halaman kartu nama:

  1. Pada tab Mailings, di grup Create, klik Labels.
  2. Pada kotak dialog Envelopes And Labels, jika ada teks yang ditampilkan pada kotak Address, hapus teks tersebut.
  3. Jika nama produk dan nomor yang ditampilkan pada bagian Label di kotak dialog sesuai dengan stok kartu yang ada pada printer, lanjutkan ke langkah nomor 8. Jika tidak, klik tombol Options dan lanjutkan ke langkah nomor 4.
  4. Klik tombol opsi yang mendeskripsikan tipe printer yang terhubung dengan komputer Anda. Printer laser dan mayoritas printer inkjet adalah Page Printers, sedangkan printer dot-matrix biasanya Continuous-Feed Printers. Jika printer memiliki tray input lebih dari satu, pilih salah satu yang berisi stok kartu.
  5. Jika kotak daftar Label Vendors tidak menampilkan nama pabrik-pembuat stok kartu yang Anda gunakan, klik kotak tersebut dan pilih nama vendor yang benar.
  6. Jika item yang dipilih pada kotak daftar Product Number tidak sesuai dengan deskripsi stok kartu, pilih item yang benar.
  7. Klik OK.
    Gambar: cara membuat kartu nama dengan word
  8. Pada kotak dialog Envelopes And Labels, klik tombol opsi Full Page Of The Same Label, lalu klik New Document.
    Gambar: cara membuat kartu nama dengan microsoft word
  9. Dokumen baru akan berisi sebuah tabel yang lebar dan tinggi cell-nya sesuai dengan stok kartu. Border tabel diatur untuk tidak dicetak. Jika Anda tidak bisa melihat cell tabel, pada tab kontekstual Table Tools | Layout, di grup Table, klik View Gridlines.
    Gambar: membuat kartu nama dengan word
  10. Pada cell kiri-atas di tabel, masukkan teks dan gambar yang ingin Anda masukkan pada kartu nama.
  11. Pilih keseluruhan cell kiri-atas pada tabel dan Copy ke Clipboard dengan menggunakan tombol keyboard [CTRL + C].
  12. Klik pada Handle tabel yang ada di Margin kiri untuk memilih keseluruhan tabel. Lalu, Paste konten dari Clipboard dengan menggunakan tombol keyboard [CTRL + V].
  13. Klik tab File untuk menampilkan Backstage View. Klik tab Print, lalu klik tombol Print.

Cara mencetak halaman yang berisi label yang berbeda-beda:

  1. Pada langkah-langkah "Cara mencetak satu label atau satu halaman penuh label" diatas, lakukan langkah mulai nomor 1 sampai 8. Pada kotak dialog Envelopes And Labels, klik tombol opsi Full Page Of The Same Label lalu klik New Document. Lalu lanjutkan ke langkah nomor 2 dibawah.
  2. Pada cell tabel, ketikkan informasi untuk masing-masing label.
  3. Klik tab File untuk menampilkan Backstage View, klik tab Print, lalu klik tombol Print.
Tips & Trik:
  • Anda bisa menampilkan karakter Nonprinting dengan klik tombol Show/Hide ¶ yang ada pada grup Paragraph di tab Home. Anda bisa melihat dan memilih apapun yang ada di dalam cell tabel, termasuk tanda cell (¤).
  • Anda bisa menggunakan Microsoft Publisher untuk membuat kartu nama yang lebih menarik.

Artikel terkait:
Advertisement