Cara Membuat Dan Memodifikasi Style Di Word 2013

Advertisement
Word 2013 memiliki banyak style built-in yang bisa Anda gunakan untuk memformat segala jenis teks. Jika Anda tidak menemukan format yang Anda sukai diantara style built-in tersebut, Anda bisa memodifikasinya, atau Anda bisa membuat style sendiri untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Ketika Anda membuat atau memodifikasi Character Style, Anda bisa menentukan nama dan ukuran font, warna, bold, italic, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa mengatur bahasa pemeriksaan, menentukan border dan shading, dan menambahkan efek teks seperti shadow atau outline disekeliling teks.

Ketika Anda membuat atau memodifikasi sebuah Paragraph Style atau Linked Style, Anda bisa menggunakan format yang tersedia untuk Character Style, ditambah dengan format paragraf seperti outline, alignment, indent, line spacing, numbering, dan lainnya.

Di Word 2013, Anda juga bisa memodifikasi style yang sudah ada atau membuat style baru dengan cara memformat teks dengan tampilan yang diinginkan lalu memberikan nama untuk style tersebut. Prosedur ini menggunakan teks yang dipilih sebagai dasar untuk mendefinisikan style. Jika Anda ingin kontrol yang lebih banyak atas format-format yang ada dalam style, Anda bisa mengeditnya melalui kotak dialog tersendiri.

Tiap kali Anda membuat atau mengubah style dengan menggunakan kotak dialog, Anda bisa memilih apakah menyimpan hasilnya hanya pada dokumen saat itu atau pada template yang digunakan oleh dokumen tersebut. Jika dokumennya menggunakan template Normal.dotm dan style disimpan pada template tersebut, maka style baru atau style-ubahan akan digunakan pada setiap dokumen kosong baru.

Memodifikasi style yang sudah ada:

  1. Ubah format beberapa teks yang ada di dalam dokumen Anda, lalu pilih teks tersebut.
  2. Jika style yang ingin Anda modifikasi ditampilkan pada galeri grup Styles pada tab Home, klik kanan lalu klik Update (nama-style) To Match Selection. Dimana nama-style adalah nama style aslinya yang akan Anda modifikasi.
  3. Jika style yang ingin Anda modifikasi tidak ditampilkan pada galeri grup Styles, klik icon tanda-panah-kecil yang ada di pojok-kanan-bawah galeri grup Styles untuk membuka kotak dialog, lalu klik kanan style yang diinginkan dan klik Update (nama-style) To Match Selection.

Memodifikasi style yang sudah ada melalui kotak dialog:

  1. Jika style yang ingin Anda modifikasi ditampilkan pada galeri grup Styles pada tab Home, klik kanan lalu klik Modify.
  2. Jika style yang ingin Anda edit tidak ditampilkan pada galeri grup Styles, klik icon tanda-panah-kecil yang ada di pojok-kanan-bawah galeri grup Styles untuk membuka kotak dialog, lalu klik kanan style yang diinginkan, kemudian klik Modify.
  3. Sekumpulan item yang ada di bagian Formatting merupakan format huruf dan paragraf yang biasanya sering diubah (jika style yang dipilih adalah Character Style, format untuk paragraf akan dinonaktifkan). Ubah tiap pengaturan yang ada pada bagian ini sesuai kebutuhan Anda.
  4. Secara default, opsi Only In This Document dalam keadaan terpilih. Jika Anda ingin perubahan format yang Anda lakukan disimpan di template dokumen, klik opsi New Documents Based On This Template.
  5. Jika Anda ingin mengubah format item lainnya yang bukan termasuk grup Formatting, klik tombol Format, lalu klik sebuah item pada daftar drop-down yang ditampilkan.
  6. Pada kotak dialog, ubah format sesuai keperluan, lalu klik OK. ulangi langkah nomor 5 dan 6 untuk mengubah format lainnya untuk style tersebut.
  7. Klik OK setelah Anda menyelesaikan pengubahan style.

Membuat style baru:

  1. Ubah format beberapa teks di dalam dokumen Anda, lalu pilih teks tersebut.
  2. Buka galeri grup Styles pada tab Home, lalu klik item Create A Style yang ada di bagian bawah galeri.
  3. Pada kotak dialog Create New Style From Formatting, masukkan nama style baru tersebut, lalu klik OK. Style baru akan otomatis ditampilkan di galeri Styles.

Membuat style baru melalui kotak dialog:

  1. Pada tab Home, di grup Styles, klik icon tanda-panah-kecil yang ada di pojok-kanan-bawah grup Styles.
  2. Klik tombol New Style.
  3. Pada kotak dialog Create New Style From Formatting, masukkan nama untuk style baru.
  4. Pada daftar Style Based On, pilih style yang sudah ada yang memiliki format yang mirip dengan style yang Anda inginkan. Setiap format yang tidak Anda ubah untuk style baru akan menggunakan format yang sama dengan style yang ada pada Style Based On ini.
  5. Pada daftar Style For Following Paragraph, pilih sebuah style. Style ini otomatis diaplikasikan ke paragraf selanjutnya ketika Anda menekan [ENTER] pada tiap akhir paragraf yang menggunakan style baru..
  6. Atur format karakter dan paragraf untuk style tersebut.
  7. Jika Anda ingin perubahan disimpan dalam template dokumen, klik opsi New Documents Based On This Template.
  8. Klik OK, setelah Anda menyelesaikan perubahan yang Anda perlukan untuk style tersebut.
Tips & Trik:
  • Jangan pilih check box Automatically Update. Ketika Anda memilih opsi tersebut, tiap perubahan format yang Anda lakukan pada paragraf akan otomatis tersimpan pada style tersebut. Dan perubahan tersebut akan muncul di semua paragraf dokumen yang memiliki style yang sama, yang mungkin hasilnya tidak Anda inginkan.

Artikel terkait:
Advertisement