Cara Mengurutkan Daftar Di Word 2013

Advertisement
Anda mungkin mengetikkan daftar nama, judul buku, atau informasi lainnya kedalam dokumen, lalu ingin menyortir daftar tersebut dengan urutan yang berbeda.

Nama orang dan nama tempat biasanya tidak bisa mengikuti aturan baku. Anda bisa menghadapi nama keluarga/marga yang terdiri dari dua atau tiga kata. Tidak ada program komputer yang bisa menentukan secara akurat kata mana yang merupakan nama keluarga/marga. Biasanya membutuhkan pemeriksaan secara manual oleh manusia untuk mengurutkan nama dengan benar.

Menyiapkan daftar nama untuk diurutkan:

  1. Buka dokumen yang berisi daftar asli yang belum diurutkan. Pada tab Home, di grup Paragraph, klik tombol Show/Hide ¶.
  2. Pada setiap nama, jika nama terdiri dari dua kata atau lebih, ganti karakter spasi diantaranya dengan Nonbreaking Spaces (pilih ruang spasi, lalu tekan tombol keyboard [CTRL + SHIFT + SPASI]). Dan hal yang sama, jika nama keluarga/marga terdiri dari dua kata atau lebih. ganti karakter spasi diantaranya dengan Nonbreaking Space. Tinggalkan hanya satu karakter spasi pada tiap nama, memisahkan antara nama dengan marga

Cara mengurutkan teks yang dipilih:

  1. Pilih teks yang berupa daftar.
  2. Pada tab Home, di grup Paragraph, klik Sort.
  3. Pada kotak dialog Sort Text, klik tombol Options.
  4. Pada kotak dialog Sort Options, klik opsi Other, hapus isian yang ada pada kotak teks disebelahnya, lalu ketikkan satu karakter spasi pada kotak tersebut. Klik OK.
  5. Pada daftar drop-down kotak teks Sort By, klik Word 2, lalu klik OK.
Tips & Trik:
  • Setelah Anda menyiapkan daftar yang akan diurutkan, Anda bisa mengubahnya menjadi tabel, dengan nama pada satu kolom dan marga pada kolom lainnya. Untuk membuatnya, pada tab Insert, klik Table, lalu klik Convert Text To Table pada bagian bawah galeri yang ditampilkan. Pada kotak dialog Convert Text To Table, dibawah label Separate Text At, klik tombol opsi Other, ketikkan spasi pada kotak disebelahnya, lalu klik OK.
  • Jika dokumen Anda hanya berupa daftar dan tidak ada teks lainnya, Anda tidak perlu untuk memilihnya terlebih dahulu untuk mengurutkannya.
  • Jika daftar berada didalam tabel, Anda akan menemukan tombol Sort lainnya pada grup Data di tab kontekstual Table Tools | Layout. Tombol tersebut berfungsi sama seperti dengan yang ada pada tab Home, kecuali Sort By yang hanya ada untuk kolom tabel sebagai opsi, dan hanya mengurutkan tabel yang berisi kursor.

Artikel terkait:
Advertisement