Cara Unlink Header Di Word 2013

Advertisement
Di Word 2013, ketika Anda membuat Section baru dengan cara memasukkan Section Break, secara default tiap Header dan Footer pada Section tersebut mengulang konten Header dan Footer pada bagian sebelumnya. Pada tab kontekstual Header & Footer Tools | Design, hubungan antar Section diwakili oleh tombol Link To Previous, yang ada di bagian Navigation.

Meskipun langkah-langkah dibawah ini hanya fokus pada Header, prosedur ini sama dan bisa Anda terapkan untuk Footer.

Cara Unlink Header:

  1. Buka dokumen yang Anda gunakan pada Tutorial Membuat Header Yang Berbeda Untuk Halaman Pertama, Ganjil, Dan Genap Di Word 2013, tepatnya pada langkah: Mengaktifkan Header lain.
  2. Klik pada akhir halaman ketiga. Pada tab Page Layout, di grup Page Setup, klik Breaks, lalu klik Odd Page. Halaman pertama dari Section 2 baru diberi nomor halaman 5 karena Section Break Odd Page memaksa dokumen untuk melewatkan halaman 4.
  3. Pada tab Page Layout, di grup Page Setup, klik Breaks, lalu klik Page dua-kali untuk memasukkan dua Page Break secara manual pada akhir teks. Sekarang ada enam nomor halaman 1, 2, 3, 5, 6, dan 7. Amati bahwa Header halaman pertama ditampilkan sama pada halaman 1 dan 5, Header halaman genap ditampilkan sama pada halaman 2 dan 6, dan Header halaman ganjil ditampilkan sama pada halaman 3 dan 7.
  4. Klik-dua-kali pada Even-Page Header pada halaman 6.
  5. Edit teks Header pada halaman 6 menjadi Even Page Header in Section 1. Amati bahwa teks pada Header di halaman 2 berisi teks yang sama seperti Header pada halaman 6, karena Header pada Section 1 dan 2 saling terhubung.
  6. Klik-dua-kali pada Even-Page Header halaman 6. Pada tab kontekstual Header & Footer Tools | Design, di grup Navigation, klik tombol Link To Previous untuk menonaktifkannya.
  7. Edit teks pada Header halaman 6 menjadi Even Page Header In Section 2. Amati bahwa teks pada Header halaman 2 tidak berubah, karena Header di Section 1 dan 2 sudah tidak saling terhubung.

Artikel terkait:
Advertisement