Cara Mengatur Jumlah Kolom Di Word 2013

Advertisement
Beberapa jenis dokumen bisa berisi blok teks yang sangat panjang dan tidak terputus. Jika Anda menggunakan tata letak biasa yang lebarnya lebih dari 6 inci (15 cm), teks tersebut akan terlihat sangat membosankan dan sulit terbaca. Pada koran, brosur, serta dokumen mirip lainnya, cara yang terbaik adalah memformat teks menjadi dua atau lebih kolom kecil.

Cara membuat halaman menjadi banyak kolom:

  1. Pilih teks yang ingin Anda format menjadi banyak kolom.
  2. Pada tab Layout, di grup Page Setup, klik Columns.
  3. Jika Anda ingin menggunakan tata letak yang ada pada galeri Columns, klik untuk mengaplikasikannya. Jika tidak, lanjutkan ke langkah nomor 4.
  4. Klik More Columns pada bagian bawah galeri.
  5. Pada kotak dialog Columns, masukkan jumlah kolom yang Anda inginkan.
  6. Jika Anda tidak ingin semua kolom memiliki lebar yang sama, kosongkan check box Equal Column Width, lalu masukkan ukuran masing-masing kolom dan jarak antar kolom.
  7. Jika Anda ingin ada garis pemisah antar kolom, pilih check box Line Between.
  8. Pada daftar drop-down Apply To, pastikan bahwa Selected Text yang dipilih. Jika Anda ingin mengaplikasikan kolom ke seluruh halaman dokumen, pilih Whole Document.
  9. Klik OK.

Cara merentangkan judul ke sepanjang kolom:

  1. Pada teks yang berkolom, tekan [ENTER] untuk memulai paragraf baru. Ketikkan judul, lalu aplikasikan style atau format yang Anda inginkan. Pilih judul tersebut.
  2. Pada tab Page Layout, di grup Page Setup, klik tombol Columns. Klik opsi One pada galeri yang ditampilkan.
  3. Jika Anda perlu, pada tab Home, di grup Paragraph, Anda bisa klik Center untuk menengahkan teks judul pada halaman. Anda juga bisa memformatnya dengan Shading atau Border yang akan memenuhi halaman.
Tips & Trik:
  • Jika Anda ingin semua kolom berakhir dengan panjang yang sama, masukkan Section Break tipe Continuous di akhir paragraf terakhir yang ada pada kolom terakhir.
  • Ketika Anda memilih teks lalu kemudian mengubah jumlah kolom, Word secara otomatis memasukkan Section Break tipe Continuous pada sebelum dan sesudah teks yang Anda pilih.

Artikel terkait:
Advertisement