Cara Memasukkan Gambar Dari Komputer Ke Word 2013

Advertisement
Di komputer kantor Anda, Anda mungkin menyimpan logo perusahaan, gambar produk, gambar teknik, dan masih banyak lagi. Sedangkan komputer di rumah Anda mungkin berisi ratusan gambar keluarga, teman, liburan, dan lainnya. Anda bisa memasukkan semua file tersebut kedalam dokumen Word 2013 untuk mengilustrasikan dan menghidupkan pesan Anda.

Cara memasukkan file gambar dari hard disk:

  1. Klik pada dokumen lokasi dimana Anda ingin memasukkan gambar.
  2. Pada tab Insert, di grup Illustrations, klik Pictures.
  3. Pada kotak dialog Insert Pcture, jika gambar yang Anda inginkan ada di folder pertama yang ditampilkan, klik icon gambar sehingga namanya ditampilkan pada kotak File Name, lalu lanjutkan ke langkah nomor 5.
  4. Jika Anda ingin gambar yang ada di folder lain, gunakan display folder pada sisi kiri kotak dialog untuk navigasi ke lokasi gambar, atau gunakan kotak Search yang ada di pojok-kanan-atas kotak dialog untuk mencari gambar yang Anda inginkan. Lalu, klik icon gambar sehingga namanya ditampilkan pada kotak File Name.
  5. Klik tanda-panah-kebawah pada tombol Insert dan lakukan salah satu hal berikut ini:
    • Klik Insert untuk menyimpan salinan file gambar Anda ke dokumen Word.
    • Klik Link To File untuk memasukkan hanya link/tautan yang menghubungkan dokumen Word dengan file gambar. Ini akan membuat file dokumen Anda menjadi lebih kecil. Jika Anda mengedit file gambar, Anda bisa mengupdate dokumen Word untuk menampilkan gambar yang baru. Namun, jika Anda berbagi dokumen dengan orang lain, mereka akan melihat pesan error yang mengindikasikan link rusak (broken link) dan orang lain tidak bisa melihat gambarnya.
    • Klik Insert And Link untuk menyimpan salinan file gambar ke dokumen Word dan menghubungkan (link) ke file gambar asli. Cara ini memungkinkan Anda mengupdate gambar sama dengan ketika manggunakan cara Link To File, tapi Anda bisa berbagi dokumen dengan orang lain tanpa merusak link ke file aslinya.
Tips & Trik:
  • Word 2013 bisa memasukkan file yang disimpan dengan menggunakan format: .emf, .emz, .wmf, .wmz, .jpg, .jpeg, .jfif, .jpe, .png, .bmp, .dib, .rle, .gif, .pcz, .tif, .tiff, .wpg, .cgm, .eps, .pct, .pict, and .cdr. Untuk memfilter file spesifik yang ditampilkan pada kotak dialog Insert Picture, klik daftar drop-down disebelah kanan kotak File Name dan pilih format yang Anda inginkan.
  • Jika Anda memiliki dokumen yang berisi gambar yang dimasukkan dengan cara Link To File atau Insert And Link, Anda bisa mengedit link tersebut. Untuk melakukannya, pertama klik tab File untuk menampilkan Backstage View, lalu klik tab Info. Pada sisi kanan halaman Info, dibagian Related Documents, klik Edit Links To Files. (Dokumen Anda harus disimpan setidaknya satu kali untuk menampilkan link tersebut). Pada kotak dialog Links, Anda bisa mengubah file yang dijadikan sebagai sumber gambar, atau menghapus link dan menyimpan salinan file ke dalam dokumen.

Artikel terkait:
Advertisement