Cara Menandai Dokumen Sebagai Read-Only Atau Final Di Word 2013

Advertisement
Ketika Anda menyerahkan dokumen ke user lain, Anda mungkin ingin menunjukkan bahwa dokumen tersebut adalah dokumen final, dan tidak boleh ada perubahan yang dibuat tanpa otorisasi. Word 2013 memiliki dua cara untuk melakukannya.

Ketika Anda membuat dokumen menjadi Read-Only Recommended, setiap orang yang membuka dokumen, pertama akan melihat pesan: The author would like you to open this as read-only unless you need to make changes. Open as read-only?. Jika user klik tombol Yes, dokumen akan terbuka pada Read Mode. User bisa berpindah ke view Print Layout dan mengedit dokumen. Namun, jika ada perubahan yang dibuat, dokumen hanya bisa disimpan ke dalam bentuk file baru, file lain dengan nama yang berbeda (atau nama yang sama tapi lokasinya yang berbeda).

Ketika Anda menandai dokumen sebagai final (Mark As Final), semua perubahan akan dinonaktifkan dan dokumen juga ditandai sebagai Read-Only. User harus melakukan tindakan tertentu untuk bisa mengaktifkan editing dan menyimpan dokumen.

Cara membuat dokumen Read-Only Recommended:

  1. Klik File untuk menampilkan Backstage View. lalu klik tab Save As. Pilih lokasi (seperti Computer atau SkyDrive) dan pilih atau cari lokasi folder dimana file akan disimpan. Jika ini adalah pertama kalinya Anda menyimpan dokumen, perintah Save secara otomatis membuka tab Save As di Backstage View.
  2. Pada bagian bawah kotak dialog Save As, klik Tools, lalu klik General Options pada menu yang ditampilkan.
  3. Pada kotak dialog General Options, pilih check box Read-Only Recommended, lalu klik OK.

Cara menandai dokumen sebagai final (Mark As Final):

  1. Klik File untuk menampilkan tab Info di Backstage View.
  2. Klik Protect Document, lalu klik Mark As Final pada menu yang ditampilkan.
  3. Klik OK pada kotak pesan pop-up yang ditampilkan.
  4. Message bar Marked As Final ditampilkan dibawah Ribbon ketika Anda membuka dokumen. Jika Anda ingin mengedit dokumen, klik tombol Edit Anyway pada message bar. Ketika Anda klik tombol tersebut, tanda Final dan status Read-Only akan dinonaktifkan.
Tips & Trik:
Proteksi yang diterapkan oleh opsi Read-Only Recommended tidak sama dengan opsi Read-Only yang ada pada kotak dialog file Properties yang bisa Anda buka di File Explorer.

Artikel terkait:
Advertisement