Cara Mengubah Format Karakter Teks Word 2013

Advertisement
Terkadang, Anda ingin mengubah tampilan sebagian kecil dari dokumen tanpa harus mencari atau membuat style tertentu. Di Word 2013 Anda bisa mengaplikasikan pemformatan secara langsung dengan cara memilih teks kemudian memformatnya, atau mengatur format terlebih dulu kemudian baru mulai mengetik.

Memformat teks dengan menggunakan tombol yang ada pada Ribbon:

  1. Pilih teks yang ingin Anda format.
  2. Pada tab Home, di grup Font, klik tanda-panah-kebawah pada kotak Font untuk menampilkan daftar drop-down, lalu arahkan ke sebuah huruf/font. Lihat live preview pada teks yang dipilih ketika Anda arahkan pada nama-nama font. Ketika Anda menemukan font yang Anda inginkan, klik nama font tersebut untuk mengaplikasikannya pada teks.
  3. Klik tanda-panah-kebawah pada kotak Font Size untuk menampilkan daftar drop-down, lalu klik salah satu angka atau ketikkan angka ke dalam kotak. Tekan [ENTER] untuk mengaplikasikan ukuran huruf. Lihat live preview pada teks yang dipilih ketika Anda mengarahkan kursor ke ukuran font yang berbeda-beda. Anda juga bisa klik tombol Increase Font Size atau Decrease Font Size untuk mengubah ukuran teks ke ukuran yang lebih besar/kecil menggunakan urutan ukuran yang ada di dalam kotak Font Size.
  4. Klik tanda-panah pada tombol Font Color dan arahkan ke salah satu warna di dalam galeri. Lihat live preview pada teks yang Anda pilih ketika Anda mengarahkan kursor pada warna-warna yang berbeda. Sekumpulan warna yang ada pada Theme Colors berubah-ubah tergantung dengan Theme yang Anda pakai, sedangkan grup warna yang ada pada Standard Color tidak pernah berubah.
  5. Klik tombol lain yang ada di baris bawah dari grup Font untuk mengaplikasikan format Bold, Italic, Underline, Strikethrough, Subscript, atau Superscript secara langsung.
  6. Klik tombol Change Case, lalu klik salah satu item pada daftar drop-down yang ditampilkan.
Tips & Trik:
  • Pada kotak Font Size, Anda bisa mengetikkan angka mulai dari 1 sampai dengan 1638, dan dengan tingkat kenaikan setengah point (0.5). Misalnya, ukuran font 12.5 atau 13.5.
  • Ketika Anda memilih teks (atau melakukan klik kanan), akan muncul Toolbar kecil yang bisa Anda gunakan untuk mengakses beberapa item untuk memformat font, sama dengan yang ada pada tab Home.

Artikel terkait:
Advertisement