Cara Mengatur Jarak Baris Dan Paragraf Di Word 2013

Advertisement
Jarak antar baris di dalam paragraf begitu pula jarak antar paragraf itu sendiri adalah faktor penting dalam mengelola dokumen Anda. Jika jarak antar baris terlalu rapat atau terlalu lebar, akan membuat tidak nyaman dalam membacanya. Pada style Normal di Word 2013, jarak defaultnya adalah 1.15 lines (jarak antar baris di dalam paragraf adalah 15 persen lebih besar daripada spasi satu teks). Pada paragraf yang tidak memiliki Indent pada baris pertamanya, ruang tambahan diantara paragraf adalah isyarat visual yang menandakan bahwa itu adalah paragraf baru. Di Word, Anda bisa mengatur ruang tersebut untuk ditambahkan pada awal atau akhir paragraf.

Cara mengatur jarak antar baris di dalam paragraf:

  1. Pilih paragraf yang ingin Anda format.
  2. Pada tab Home, di grup Paragraph, klik tombol Line And Paragraph Spacing.
  3. Jika Anda melihat ukuran jarak baris yang Anda inginkan, klik untuk mengaplikasikannya. Jika tidak, lanjutkan ke langkah nomor 4.
  4. Jika Anda ingin ukuran jarak baris yang lainnya (yang tidak ada pada daftar), klik Line Spacing Options.
    Gambar: cara mengatur paragraf di word
  5. Pada kotak dialog Paragraph, di bagian Line Spacing, klik tipe yang Anda inginkan. Berikut penjelasannya:
    • Single, 1.5 Lines, atau Double: Mengatur jarak minimum antar baris menjadi 1 lines, 1.5 lines, atau 2 lines. Ini sama dengan items 1.0, 1.5, dan 2.0 yang ada pada daftar tombol Line And Paragraph Spacing.
    • At Least: Mengatur jarak minimum antar baris, gunakan angka point dalam kotak At. Jika Anda memasukkan karakter yang besar atau gambar pada teks, Word akan menambahkan ruang yang cukup diatas baris tersebut untuk menampilkan keseluruhan objek.
    • Exactly: Mengatur jarak pasti antar baris, menggunakan angka point pada kotak At. Jika Anda memasukkan karakter atau gambar pada teks yang melebihi yang bisa ditampung dalam satu baris, Word akan menampilkan bagian bawah dari teks atau objek.
    • Multiple: Memungkinkan Anda memasukkan banyak jarak baris tunggal pada kotak At, hingga dua desimal. Misalnya, jika Anda memasukkan 2.5 pada kotak At, maka jarak antar baris adalah 2.5 kali lebih besar untuk jarak baris tunggal.
  6. Klik OK.

Cara mengatur jarak antar paragraf:

  1. Pilih paragraf yang ingin Anda format.
  2. Pada tab Home, di grup Paragraph, klik icon tanda-panah-kecil di pojok-kanan-bawah untuk membuka kotak dialog.
  3. Pada kotak dialog Paragraph, di bagian Spacing, masukkan nilai ruang tambahan yang ingin Anda tambahkan di awal paragraf yang dipilih pada kotak Before.
  4. Pada kotak After, masukkan nilai ruang tambahan yang ingin Anda tambahkan di akhir paragraf yang dipilih.
  5. Klik OK.
Tips & Trik:
  • Ketika satu paragraf memiliki sejumlah ruang tambahan di belakangnya, dan paragraf selanjutnya memiliki sejumlah ruang di depannya, Word akan menggunakan hanya ukuran yang paling besar saja, tidak menambahkan dua ukuran bersamaan.
  • Anda bisa memasukkan ukuran ruang dengan menggunakan singkatan: pt (point); in (inci); cm (centimeter); mm (millimeter); atau li (lines).
  • Opsi Don’t Add Space Between Paragraphs Of The Same Style sangat berguna untuk mendefinisikan style seperti yang digunakan oleh Numbered Lists dan Bulleted Lists. Jika Anda memilih check box ini ketika Anda memilih beberapa teks tapi Anda sedang tidak memodifikasi sebuah style, opsi ini hanya akan diaplikasikan pada teks tersebut, tidak ke semua paragraf.

Artikel terkait:
Advertisement