Cara Memodifikasi Shortcut Keyboard Word 2013

Advertisement
Kebanyakan pekerjaan yang Anda lakukan di Word 2013 biasanya berupa mengetikkan teks. Ketika tangan Anda sedang berada pada keyboard, rasanya sangat mengganggu ketika tangan kemudian harus menjangkau mouse untuk memilih dan memformat teks, Copy dan Paste, atau melakukan pekerjaan lain yang menggunakan tombol pada Ribbon. Dengan mengingat sebagian kecil shortcut keyboard, Anda bisa meningkatkan efisiensi Anda. Jika sebuah perintah tidak memiliki shortcut keyboard-nya, Anda bisa membuat shortcut-nya untuk Anda.

Shortcut keyboard di Word tidak terbatas hanya pada perintah-perintah saja. Anda juga bisa membuat shortcut keyboard untuk Macro, style, huruf, Building Block, dan simbol.

Cara membuat shortcut keyboard untuk sebuah perintah:

  1. Klik File untuk menampilkan Backstage View, lalu klik tab Options. Pada kotak dialog Word Options, di panel sebelah kiri, klik Customize Ribbon.
  2. Pada bagian bawah kotak dialog, klik tombol Customize.
  3. Pada kotak dialog Customize Keyboard, jika dokumen yang terbuka menggunakan dasar template kustom, dan Anda ingin shortcut keyboard baru diterapkan hanya pada dokumen yang menggunakan dasar template kustom tersebut, klik kotak daftar Save Changes In dan pilih nama template. Jika tidak, biarkan Normal.dotm dalam keadaan terpilih.
  4. Klik salah satu item berikut ini pada daftar Categories:
    • Jika perintah yang ingin Anda buatkan shortcut keyboard-nya terlihat pada salah satu tab pada Ribbon, klik nama tab tersebut.
    • Jika perintah yang ingin Anda buatkan shortcut keyboard-nya tidak terlihat di semua tab pada Ribbon, atau jika Anda tidak yakin tab mana yang berisi perintah tersebut, klik All Commands.
    • Jika Anda ingin membuat shortcut keyboard untuk Macro, huruf, Building Block, style, atau salah satu set simbol, klik item yang sesuai pada bagian bawah daftar.
  5. Pada daftar Commands, klik perintah yang ingin Anda buatkan shortcut keyboard-nya. Jika Anda memilih salah satu item pada bagian bawah daftar Categories pada langkah nomor 4, label diatas daftar Commands berubah menjadi nama kategori yang Anda pilih.
  6. Klik kotak teks Press New Shortcut Key, lalu tekan satu atau kombinasi tombol yang ingin Anda gunakan sebagai shortcut keyboard untuk perintah yang Anda pilih.
  7. Klik Assign.
  8. Jika perintah yang Anda pilih sudah memiliki shortcut keyboard tapi tidak Anda inginkan, klik shortcut keyboard tersebut pada kotak daftar Current Keys, lalu klik tombol Remove.
  9. Dalam keadaan kotak dialog Customize Keyboard masih terbuka, Anda bisa memasukkan shortcut keyboard lagi. Jika sudah selesai, klik Close.

Cara membuat shortcut keyboard untuk simbol:

  1. Jika simbol yang ingin Anda buat shortcut keyboard-nya tidak ada pada kategori Common Symbols, pada Ribbon klik tab Insert. Lalu, pada grup Symbol, klik Symbol. Pada bagian bawah galeri yang ditampilkan, klik More Symbols.
  2. Klik kotak daftar Font, lalu klik nama huruf yang berisi simbol yang Anda inginkan.
  3. Klik simbol yang Anda inginkan.
  4. Klik Shortcut Key.
  5. Pada kotak dialog Customize Keyboard, letakkan kursor pada kotak teks Press New Shortcut Key, lalu tekan satu atau kombinasi tombol yang ingin Anda gunakan sebagai shortcut keyboard untuk simbol yang Anda pilih.
  6. Klik Assign, lalu klik Close.
Tips & Trik:
  • Jika shortcut keyboard yang Anda tekan sudah digunakan oleh perintah lainnya, pesan: Currently assigned to: command-name (dimana command-name adalah nama perintah yang menggunakan shortcut tersebut) ditampilkan dibawah kotak daftar Current Keys. Jika Anda ingin membiarkan shortcut keyboard digunakan oleh perintah aslinya, hapus konten yang ada pada kotak teks Press New Shortcut Key, lalu coba tekan shortcut keyboard lainnya. Jika tidak, maka shortcut keyboard akan digunakan untuk perintah baru dan perintah lama/aslinya akan dihapus.
  • Ketika Anda klik sebuah simbol pada kotak dialog Symbol, label di sebelah tombol Shortcut Key menampilkan shortcut keyboard built-in dari simbol tersebut (jika ada). Simbol yang menggunakan [ALT + angka], artinya Anda harus menekan-tahan tombol [ALT] sambil mengetikkan angka dari keypad numerik (dengan Num Lock diaktifkan). Simbol yang menggunakan [angka, ALT + X], artinya Anda terlebih dahulu mengetikkan angka seperti teks biasa pada dokumen lalu tekan [ALT + X].

Artikel terkait:
Advertisement