Cara Mencetak Banyak Amplop (Envelope) Di Word 2013

Advertisement
Anda mungkin ingin mencetak banyak salinan amplop yang sama sekaligus, misalnya amplop yang alamat pengirimnya sama. Tombol Print pada kotak dialog Envelopes And Labels hanya bisa mencetak satu salinan saja, sehingga Anda membutuhkan cara lain.

Di Word 2013, Anda bisa menambahkan amplop ke dalam dokumen dan menyimpannya sebagai bagian dari file dokumen. Amplop akan ditampilkan sebagai halaman 0 di Section 1 baru pada awal dokumen, diformat dengan ukuran halaman dan Margin yang telah disesuaikan dengan amplop. Lalu, Anda bisa menggunakan perintah Print yang ada pada Backstage View, yang memiliki pengaturan untuk jumlah salinan yang akan dicetak.

Cara menambahkan amplop (Envelope) ke dalam dokumen:

  1. Jika Anda menangani surat yang berisi alamat penerima, buka dokumen surat. Jika tidak, buka sembarang dokumen, seperti dokumen kosong default-nya.
  2. Pada tab Mailings, di grup Create, klik Envelopes.
  3. Jika kotak Delivery Address kosong, atau jika teks kurang lengkap atau salah, edit teks tersebut.
  4. Jika kotak Return Address kosong, atau jika teks kurang lengkap atau salah, edit teks tersebut. Jika Anda tidak ingin alamat si pengirim dicetak pada amplop, pilih check box Omit.
  5. Jika ukuran amplop pada thumbnail Preview salah, atau jika orientasi yang ditampilkan pada thumbnail Feed salah, lihat tutorialnya di: Mencetak Satu Amplop (Envelope), tepatnya pada bagian: Cara mengubah ukuran amplop (Envelope) dan opsi cetak untuk mengubahnya.
  6. Klik tombol Add To Document.

Cara mencetak banyak amplop sekaligus:

  1. Klik pada halaman amplop di dalam dokumen, lalu klik File untuk menampilkan Backstage View.
    Gambar: cara print amplop
  2. Klik tab Print.
  3. Pada bagian Settings, klik kotak pertama dan klik Print Current Page.
  4. Jika printer yang dipilih bukan printer yang ingin Anda gunakan untuk mencetak amplop, klik kotak Printer dan pilih printer lainnya.
  5. Klik kotak Copies dan masukkan angka salinan amplop yang ingin Anda cetak.
  6. Klik tombol Print.
Tips & Trik:
Jika Anda menyimpan dokumen yang di dalamnya terdapat amplop, Anda bisa mencetak lagi amplop tersebut di lain waktu.

Artikel terkait:
Advertisement