Cara Mengembalikan Dokumen/Pekerjaan Yang Hilang Di Word 2013

Advertisement
Apakah Anda pernah mengalami komputer tiba-tiba mati ketika mengerjakan dokumen, atau tanpa sengaja klik No ketika akan menyimpan dokumen sehingga dokumen tidak jadi tersimpan ketika program ditutup? Kabar baiknya adalah dengan Word 2013 Anda selalu bisa mendapatkan dokumen Anda kembali dari tragedi buruk yang menakutkan tersebut.

Word memiliki fitur AutoRecover yang akan menyimpan dokumen Anda di background dalam interval waktu tertentu. Jika komputer Anda tiba-tiba mati sendiri atau Windows crash ketika Word dibuka, dokumen yang Anda buka ketika crash akan otomatis disimpan oleh sistem dan akan tersedia ketika Anda restart Word. Jika Anda mematikan Word secara normal, file AutoRecover akan dihapus.

Masih ada opsi lain untuk membantu Anda mencegah kehilangan dokumen. Jika Anda menutup dokumen yang sudah Anda edit, namun ternyata Anda memilih untuk tidak menyimpan perubahan tersebut, maka Word akan menyimpan kopian file tersebut, yaitu dokumen yang Anda ubah. Jika Anda menyadari ternyata Anda membuat kesalahan (karena tidak menyimpannya), meskipun satu minggu kemudian, Anda masih bisa membuka dokumen tersebut.

Cara mengkonfigurasikan AutoRecover:

  1. Klik File, lalu klik Options. Akan muncul kotak dialog Word Options.
  2. Klik Save.
  3. Centang check boks Save AutoRecover Information Every dan Keep The Last Autosaved Version If I Close Without Saving.
  4. Atur interval AutoRecover ke waktu yang paling cepat. Defaultnya adalah 10 menit.
  5. Klik OK.

Cara membuka dokumen yang belum disimpan:

  1. Klik File, lalu klik Info.
  2. Klik Manage Version, lalu klik Recover Unsaved Documents. Akan muncul kotak dialog.
  3. Klik dua kali file (yang sudah otomatis disimpan oleh sistem) yang Anda inginkan.
Tips & Trik:
  • Di opsi lain, ada pengaturan terpisah untuk meletakkan kopian dokumen yang disimpan. Kopian dokumen yang disimpan memiliki nama Backup of dengan ekstensi .wbk.
  • Jika Anda menutup dokumen yang belum disimpan sebelum interval AutoRecover yang pertama berakhir, maka tidak akan ada file yang akan disimpan secara otomatis. Karena itulah pentingnya untuk mengatur interval menjadi cepat.

Artikel terkait:
Advertisement