Cara Membuat Index Dokumen Di Word 2013

Advertisement
Dalam dokumen nonfiksi yang sangat panjang, terutama yang akan dicetak di kertas, sangatlah penting untuk menyertakan Index sehingga pembaca bisa mencari nama, konsep, prosedur, atau topik penting lainnya dalam dokumen. Word 2013 memiliki beberapa tool untuk menyusun Index.

Anda membuat Index dokumen melalui dua tahap. Tahap pertama, Anda memasukkan field XE untuk menandai lokasi entry yang akan disimpan kedalam Index. Pada field XE ini, Anda bisa mengulang teks dari dokumen, atau Anda bisa memasukkan sinonim atau kata lain yang berkaitan atau deskripsi dari teks yang akan Anda Index. Entry Index bisa dibuat dengan frasa utama diikuti dengan subentry.

Tahap kedua yaitu memasukkan Index itu sendiri, yang merupakan field INDEX. Anda bisa mengubah format Index, seperti jumlah kolom yang ditampilkan atau bagaimana memisahkan nomor halaman dari teks entry.

Cara menandai teks untuk entry Index:

  1. Klik pada dokumen lokasi dimana Anda ingin memasukkan entry Index. Jika Anda ingin entry berisi teks pada lokasi tersebut, pilih teks. Jika Anda ingin memasukan beberapa kata atau frasa yang tidak ada pada teks, cukup klik saja tanpa memilih apapun.
  2. Pada tab References, di grup Index, klik Mark Entry.
  3. Jika Anda memilih teks pada langkah nomor 1, maka akan ditampilkan pada kotak teks Main Entry pada kotak dialog Main Index Entry. Jika itu merupakan entry Index yang Anda inginkan, klik tombol Mark untuk memasukkan field XE. Untuk memasukkan field XE ke tiap halaman dimana ada teks yang sama seperti yang Anda pilih, klik Mark All. Jika tidak, lanjutkan ke langkah nomor 4.
  4. Jika tidak ada teks pada kotak Main Entry, atau Anda ingin mengubah entry, tambahkan atau edit teks pada kotak Main Entry dan Subentry. Misalnya, jika teks yang Anda pilih pada dokumen adalah Abraham Lincoln, tapi Anda ingin entry utama (Main Entry) ditampilkan sebagai Lincoln dengan Subentry Abraham, hapus Abraham dari kotak Main Entry dan ketikkan Abraham kedalam kotak Subentry.
  5. Jika entry saat itu tidak memerlukan nomor halaman, tapi merujuk ke entry Index lainnya, klik opsi Cross-Reference dan ketikkan teks yang Anda inginkan pada kotak teks disebelah kanannya.
  6. Jika entry saat itu merujuk ke halaman yang ditandai dengan Bookmark, klik opsi Page Range dan pilih nama Bookmark pada kotak Bookmark.
  7. Jika nomor halaman entry harus ditebalkan (bold) atau italic, pilih check box pada bagian Page Number Format.
  8. Klik tombol Mark atau Mark All.
  9. Untuk melanjutkan menandai entry, klik lokasi selanjutnya pada dokumen. Kotak dialog Mark Index Entry tetap dalam keadaan terbuka, dan kotak Entry diupdate menjadi seleksi baru ketika Anda klik lagi pada kotak dialog.
  10. Klik Cancel ketika Anda ingin menutup kotak dialog Mark Index Entry.

Cara membuat Index:

  1. Klik lokasi pada dokumen dimana Anda ingin membuat Index.
  2. Pada tab References, di grup Index, klik tombol Insert Index.
  3. Pada kotak dialog Index, klik kotak Formats. Pilih item pada daftar Formats.
  4. Jika Anda ingin menempatkan nomor halaman pada Margin kanan tiap kolom, pilih check box Right Align Page Numbers. Lalu, pilih style Leader pada kotak daftar Tab Leader.
  5. Jika Index Anda menggunakan Subentry, klik opsi Indented untuk memulai tiap Subentry pada baris baru, atau klik opsi Run-In untuk meletakkan semua Subentry sama dengan entry utama (Main Entry) dalam satu paragraf.
  6. Pada kotak daftar Columns, masukkan jumlah kolom untuk Index.
  7. Pada kotak daftar Language, pilih bahasa yang menentukan urutan Index. Bahasa yang menggunakan tanda (^), (~), dan karakter lainnya memiliki aturan pengurutan tertentu.
  8. Klik OK.
  9. Jika Anda menambah, mengedit, atau menghapus field XE, klik pada Index. Lalu, pada tab References, di grup Index, klik Update Index.
Tips & Trik:
  • Entry Index adalah Case-Sensitive (huruf besar dan kecil dibedakan). Misalnya, jika Anda menandai kata baca dan Baca sebagai entry, Index akan menampilkannya terpisah. Index yang sudah jadi memerlukan review dengan sangat hati-hati untuk menghindari masalah seperti ini.
  • Semua field XE secara otomatis diformat sebagai teks Hidden (tersembunyi). Jika Anda ingin melihat atau mengedit field XE, pada tab Home, di grup Paragraph, klik tombol Show/Hide ¶ untuk menampilkan karakter Nonprinting.
  • Sebelum Anda mengupdate Index, pada tab Home klik Show/Hide ¶ untuk menonaktifkannya (untuk menyembunyikan karakter Nonprinting). Jika tidak, field XE yang dalam keadaan ditampilkan mungkin akan mengubah penomoran halaman dokumen sehingga nomor halaman dalam Index menjadi salah.

Artikel terkait:
Advertisement