Cara Membuat Header Yang Berbeda Untuk Halaman Pertama, Ganjil, Dan Genap Di Word 2013

Advertisement
Tiap bagian dokumen Word 2013 memiliki tiga Header dan tiga Footer. Satu Header dan Footer untuk halaman ganjil, Header dan Footer lain untuk halaman genap, dan Header dan Footer lainnya untuk halaman pertama. Pada tiap bagian, Anda bisa memilih dimana Header dan Footer ditampilkan dan mana yang disembunyikan.

Secara default, Header dan Footer untuk halaman genap dan halaman pertama disembunyikan, dan Header dan Footer utama ditampilkan pada semua halaman. Ketika Anda memilih opsi Different Odd & Even Pages, Header dan Footer utama akan menjadi Header dan Footer halaman ganjil.

Meskipun langkah-langkah dibawah ini hanya fokus pada Header, prosedur ini sama dan bisa Anda terapkan untuk Footer.

Cara membuat Header utama:

  1. Pada tab Home, di grup Paragraph, klik Show/Hide ¶ (jika menggunakan keyboard [CTRL + SHIFT + 8]).
  2. Pada tab Insert, di grup Header & Footer, klik Header. Klik Edit Header pada bagian bawah galeri yang ditampilkan.
  3. Masukkan teks pada area Header. Amati bahwa tag Header diletakkan pada garis putus-putus dibagian bawah area HEader, yang mengindikasikan bahwa itu adalah Header utama.
  4. Pada tab kontekstual Header & Footer Tools | Design, di grup Close, klik Close Header And Footer.

Mengaktifkan Header lain:

  1. Buka dokumen yang terdiri dari satu halaman saja, dan klik pada akhir teks. Pada tab Page Layout, di grup Page Setup, klik Breaks, lalu klik Page dua-kali untuk memasukkan dua Page Breaks secara manual, lalu klik teks pada halaman pertama.
  2. Pada tab Insert, di grup Header & Footer, klik Header. Klik Edit Header pada bagian bawah galeri yang ditampilkan. Amati bahwa tag Header diletakkan pada garis putus-putus dibagian bawah area Header, yang mengindikasikan bahwa itu adalah Header utama.
  3. Ketikkan teks Main Header pada area Header.
  4. Pada tab kontekstual Header & Footer Tools | Design, di grup Options, pilih check box Different First Page. Amati bahwa tag area Header pada halaman pertama berubah menjadi First Page Header, tapi tag pada area Header di halaman kedua dan selanjutnya masih menunjukkan Header.
  5. Ketikkan teks First Page Header pada area Header di halaman pertama.
  6. Pada tab kontekstual Header & Footer Tools | Design, di grup Navigation, klik Next untuk berpindah dari Header halaman pertama ke Header utama. Verifikasikan bahwa Header utama yang dimulai pada halaman kedua masih berisi teks Main Header.
  7. Pada tab kontekstual Header & Footer Tools | Design, di grup Options, pilih check box opsi Different Odd & Even Pages. Amati bahwa tag pada area Header di halaman kedua berubah menjadi Even Page Header, dan tag pada halaman ketiga berubah menjadi Odd Page Header.
  8. Ketikkan teks Even Page Header pada area Header di halaman kedua.
  9. Pada tab kontekstual Header & Footer Tools | Design, di grup Navigation, klik Next untuk berpindah dari Header halaman genap ke Header halaman ganjil (yang merupakan Header utama sampai Anda mengaktifkan Header halaman genap). Verifikasikan bahwa Header pada halaman ganjil di halaman ketiga masih berisi teks Main Header.
Tips & Trik:
  • Klik-dua-kali pada area Header dan Footer untuk membukanya dengan cepat. Untuk menutupnya, klik-dua-kali pada teks didalam dokumen.
  • Di Word 20013, tambahan baru yang ada di tab kontekstual Header & Footer Tools | Design adalah tombol Document Info pada grup Insert. Meskipun item pada galeri tombol juga tersedia di tab Insert, lebih mudah untuk menemukannya disini.

Artikel terkait:
Advertisement