Cara Mengubah Ukuran Baris Dan Kolom Tabel Di Word 2013

Advertisement
Ketika Anda memasukkan tabel ke dalam dokumen, tabel tersebut otomatis membentang dari Margin kiri ke Margin kanan, dan semua lebar kolomnya sama. Tiap barisnya dibuat cukup untuk satu baris teks, dan akan diperluas otomatis ketika Anda memasukkan teks yang lebih banyak.

Jika item di dalam tabel Anda cukup lebar, Anda bisa mengubah ukuran kolom untuk menyesuaikan dengan item tersebut. Ketika Anda menggunakan tabel untuk memposisikan objek pada halaman, Anda juga bisa mengubah ukuran barisnya untuk menyesuaikan dengan panjang objek tersebut.

Dalam situasi yang umum, Anda biasanya memiliki kolom yang lebar untuk menempatkan nama atau sebuah deskripsi, kemudian diikuti dengan beberapa kolom kecil dibawahnya. Anda bisa membuat kolom kecil tersebut memiliki lebar yang sama dengan mudah.

Cara mengubah ukuran baris dan kolom:

  1. Jika Ruler (penggaris) belum ditampilkan, pada tab View, di grup Show, pilih check box Ruler untuk menampilkannya.
  2. Klik pada cell kolom tabel, atau pilih satu atau seluruh kolom yang ingin Anda ubah ukurannya.
  3. Drag/tarik tanda pada Horizontal Ruler diatas Border kanan kolom untuk memperbesar atau memperkecil lebar kolom.
  4. Drag/tarik tanda pada Vertical Ruler di sebelah kiri Border bawah baris untuk memperbesar atau memperkecil tinggi baris.

Cara menyamakan lebar kolom:

  1. Pilih kolom yang ingin Anda samakan lebarnya.
  2. Pada tab Layout dibawah Table Tools, di grup Cell Size, klik Distribute Columns.
Tips & Trik:
  • Jika Anda memilih keseluruhan cell tapi menarik garis Border vertikalnya, maka hanya lebar cell tersebut yang akan berubah, bukan lebar dari kolom.
  • Untuk menyamakan tinggi baris , pilih baris, lalu pada tab Layout dibawah Table Tools, di grup Cell Size, klik Distribute Rows.

Artikel terkait:
Advertisement