Cara Merekam Dan Menjalankan Macro Di Word 2013

Advertisement
Dengan Word 2013, Anda bisa mengotomatisasi serangkaian langkah-langkah yang sering Anda kerjakan pada dokumen. Anda bisa merekam seluruh urutan tindakan sebagai Macro, dan menjalankannya lagi hanya dengan sekali klik, sehingga Anda tidak perlu selalu mengulang dari awal pekerjaan rumit yang sering Anda lakukan.

Macro Word ditulis dalam bahasa Microsoft Visual Basic, yang merupakan bahasa pemrograman yang lengkap dan powerful. Macro yang dibuat oleh programmer berpengalaman bisa menambah kemampuan Word dengan menambahkan fitur-fitur unik dan meningkatkan interaksinya dengan program Office lainnya.

Cara memulai dan mengakhiri perekaman Macro:

  1. Pada tab View, di grup Macros, klik tanda-panah drop-down yang ada di bagian bawah tombol Macros, lalu klik Record Macro pada menu yang ditampilkan. Cara alternatifnya, jika icon perekam Macro ditampilkan pada Status Bar, klik icon tersebut.
  2. Pada kotak dialog Record Macro, di kotak teks Macro Name, masukkan nama yang mendeskripsikan tujuan Macro yang akan Anda rekam. Anda bisa menggunakan karakter huruf, angka, dan underscore, tidak bisa menggunakan spasi dan karakter lainnya.
  3. Klik kotak daftar Store Macro In dan pilih apakah Macro akan disimpan pada template Normal.dotm, dokumen saat itu, atau template yang digunakan oleh dokumen saat itu (jika tidak menggunakan template Normal.dotm).
  4. Jika Anda ingin menyimpan deskripsi Macro sebagai komentar di kode Macro, ketikkan teks pada kotak teks Description.
  5. Jika Anda ingin membuat sebuah tombol pada Quick Access Toolbar atau membuat shortcut keyboard untuk menjalankan Macro, klik tombol yang sesuai pada bagian Assign Macro To. Jika tidak, klik OK.
  6. Lakukan semua tindakan yang ingin Anda rekam oleh Macro, seperti mengetik dan memformat teks, klik pada perintah, atau memasukkan gambar atau objek lainnya.
  7. Jika sudah selesai merekam, pada tab View, di grup Macros, klik tanda-panah drop-down yang ada di bagian bawah tombol Macros, lalu klik Stop Recording pada menu yang ditampilkan. Cara alternatifnya, jika icon perekam Macro ditampilkan di Status Bar, klik icon tersebut.

Cara menjalankan Macro:

  1. Pada tab View, di grup Macros, klik bagian atas tombol Macros untuk membuka kotak dialog Macros.
  2. Pada kotak daftar Macro Name, pilih nama Macro yang ingin Anda jalankan.
  3. Klik tombol Run.
Tips & Trik:
  • Perekam Macro tidak bisa merekam pergerakan mouse pada area dokumen, seperti memilih teks atau drag/menarik gambar. Hanya keystroke (termasuk mengedit dan memformat teks) dan klik mouse pada tombol perintah yang direkam.
  • Jika Anda klik salah satu tombol yang ada di bagian Assign Macro To, perekam Macro akan langsung mulai merekam setelah Anda menutup kotak dialog Customize Quick Access Toolbar atau Customize Keyboard. Selesaikan semua entry yang diperlukan pada kotak dialog Record Macro sebelum Anda klik salah satu tombol tersebut.
  • Ketika Anda menjalankan rekaman Macro, rekaman tersebut mungkin tidak menjalankan tindakan yang telah Anda eksekusi ketika proses merekam. Hal ini mungkin disebabkan karena Anda menjalankan Macro pada dokumen yang kontennya berbeda dengan dokumen yang Anda gunakan untuk merekam Macro, atau perekam Macro mungkin gagal merekam semua tindakan Anda.

Artikel terkait:
Advertisement