Cara Menggunakan Styles Pane Word 2013

Advertisement
Biasanya, cara cepat untuk mengaplikasikan style ke dalam dokumen adalah dengan cara klik tab Home, lalu klik style yang ada pada galeri grup Styles. Namun, masih ada banyak style yang tidak ditampilkan pada galeri tersebut. Jika Anda ingin menerapkan beberapa style lainnya atau Anda ingin mempelajari definisinya, Anda harus menggunakan Styles Pane. Untuk menampilkan style atau untuk mengontrolnya, Anda mungkin perlu melakukan beberapa perubahan pada opsi panel ini.

Mengatur opsi pada Styles Pane:

  1. Pada tab Home, di grup Styles, klik icon tanda-panah-kecil yang ada di pojok-kanan-bawah.
  2. Di pojok-kanan-bawah Styles Pane, klik link/tautan Options.
  3. Pada kotak dialog Styles Pane Options, di daftar drop-down Select Styles To Show, klik salah satu opsi berikut, tergantung dengan style apa yang ingin Anda tampilkan:
    • Recommended: Membatasi daftar pada Styles Pane menjadi satu set style yang mungkin berguna. Anda bisa mengubah style mana saja yang direkomendasikan.
    • In Use: Membatasi daftar hanya style yang diaplikasikan pada dokumen saat itu.
    • In Current Document: Membatasi daftar hanya style yang pernah diaplikasikan pada dokumen saat itu. Apakah yang sedang diaplikasikan sekarang atau tidak.
    • All Styles: Membuka semua daftar style yang ada pada template dokumen kecuali Table Style, yang hanya ditampilkan di galeri pada kontekstual tab Table Tools.
  4. Pada daftar drop-down Select How List Is Sorted, klik salah satu opsi berikut, tergantung dengan bagaimana daftar style ingin Anda urutkan:
    • Alphabetical: Mengurutkan daftar style yang ada pada Styles Pane berdasarkan abjad.
    • As Recommended: Mengurutkan daftar style berdasarkan nilai prioritas yang ada padanya.
    • Font: Mengelompokkan style berdasarkan nama font (jika ada) yang telah ditentukan pada definisinya. Hampir semua style built-in telah menentukan +Body atau +Heading, yang merupakan alias untuk font yang telah ditetapkan.
    • Based On: Mengelompokkan style berdasarkan dasar style yang digunakan. Hampir semua Character Style built-in menggunakan dasar Default Paragraph Font, dan hampir semua Paragraph Style built-in dan Linked Style menggunakan dasar Normal.
    • By Type: Mengelompokkan style dalam Character Style, Linked Style, dan Paragraph Style.
  5. Pada bagian Select Formatting To Show As Styles, pilih check box tipe pemformatan langsung yang ingin Anda tampilkan pada Styles Pane sebagai style.
  6. Pada bagian Select How Built-In Style Names Are Shown, pilih check box berikut ini:
    • Show Next Heading When Previous Level Is Used: Ketika semua heading style disembunyikan, Style Pane akan menampilkan heading style ketika Anda mengaplikasikan style pada level diatasnya. Misalnya, jika Anda mengaplikasikan style Heading 2, maka Style Pane akan menampilkan Heading 3.
    • Hide Built-In Name When Alternate Name Exists: Anda bisa memberikan alias pada style built-in dengan cara mengetikkan tanda koma dan nama alias setelah nama built-in pada kotak Name di kotak dialog Modify Style. Dengan opsi ini, Anda bisa membuat Style Pane menampilkan hanya alias, bukannya nama style built-in.
  7. Jika Anda ingin opsi disimpan pada template dokumen saat itu, klik opsi New Documents Based On This Template.
  8. Klik OK.

Memilih semua teks yang memiliki style yang sama:

  1. Klik kanan sebuah style pada Style Pane, lalu pilih Select All number Instance(s) pada menu shortcut yang ditampilkan, dimana angka adalah jumlah style yang ditemukan oleh Word.

Artikel terkait:
Advertisement