Cara Menampilkan Dan Menyembunyikan Track Changes Di Word 2013

Advertisement
Ketika Anda merevisi sebuah dokumen, Anda pasti ingin menampilkan detil Track Changes untuk melihat semua perubahan yang ada pada dokumen dan untuk memutuskan mana yang akan dipertahankan atau tidak. Sebaliknya, ketika Anda hanya ingin membaca dokumen tanpa gangguan, Anda bisa menggunakan view Simple Markup baru untuk menyembunyikan baris dan Balloon, dan semua Track Changes atau perubahan-perubahan yang ada pada dokumen hanya ditampilkan pada Margin sebagai bar.

View markup manapun yang Anda pilih, Anda tetap bisa melihat semua perubahan dan komentar pada Reviewing Pane. Klik-dua-kali sebuah entry yang ada pada panel tersebut akan memindahkan kursor ke lokasi pada dokumen sehingga Anda bisa navigasi dengan cepat ke perubahan-perubahan yang telah dibuat.

Cara menampilkan dan menyembunyikan perubahan yang ada pada dokumen (Track Changes):

  1. Pada tab Review, pada bagian atas grup Tracking, klik daftar drop-down dan pilih All Markup (jika belum dipilih) untuk menampilkan semua perubahan yang telah dibuat di dalam dokumen.
  2. Pada bagian atas grup Tracking, klik daftar drop-down dan pilih Simple Markup untuk menyembunyikan semua perubahan yang telah dibuat di dalam dokumen. Klik pada bar perubahan yang ada pada Margin untuk kembali ke view All Markup.

Cara menampilkan Reviewing Pane:

  1. Pada tab Review, di grup Tracking, klik Reviewing Pane.
  2. Klik-dua-kali pada sebuah item yang ada pada daftar Revisions.
Tips & Trik:
  • Ketika banyak sekali orang yang melakukan review membuat perubahan pada dokumen, Anda bisa menampilkan perubahan hanya dari satu atau beberapa dari mereka. Pada tab Review, di grup Tracking, klik Show Markup, arahkan ke Specific People, lalu kosongkan check box disebelah nama orang yang melakukan review untuk menyembunyikannya.
  • Ketika Track Changes atau perubahan-perubahan yang ada pada dokumen dan komentar disembunyikan, mereka sebenarnya masih tersimpan di dalam dokumen dan bisa dilihat oleh orang lain yang menerima salinan dokumen, sehingga akan sangat mengganggu. Sebelum Anda mengirimkan hasil akhir dokumen, jangan lupa untuk menghapus semua perubahan dan komentar yang ada pada dokumen (gunakan langkah-langkah yang ada di: Menyetujui Atau Menolak Perubahan Pada Dokumen).
  • Klik tanda-panah disebelah Reviewing Pane untuk membuka daftar drop-down dan memilih Reviewing Pane Horizontal. Anda juga bisa drag/tarik sisi panel untuk mengubah ukurannya, atau drag/tarik judul panel untuk membuat panel ditampilkan melayang diatas dokumen.

Artikel terkait:
Advertisement