Cara Membatasi Editing Dan Pemformatan Dokumen Di Word 2013

Advertisement
Jika Anda mengumpulkan dokumen dari berbagai coauthor (rekan penulis) dan mengkompilasinya menjadi dokumen yang lebih besar, sangat direkomendasikan untuk memastikan bahwa semua orang telah menggunakan style yang sama dan tidak melakukan pemformatan secara langsung pada teks. Dengan Word 2013, Anda bisa menentukan sekumpulan style yang bisa digunakan pada dokumen dan membatasi pemformatan jenis lainnya. Pengaturan ini akan bekerja maksimal jika Anda membuat batasan pemformatan ini pada template lalu mendistribusikan template tersebut ke coauthor.

Word juga memiliki beberapa cara untuk membatasi editing. Anda bisa memastikan bahwa semua perubahan yang dibuat pada dokumen dilacak, Anda bisa mengizinkan perubahan hanya pada area tertentu pada dokumen, atau Anda bisa menonaktifkan semua perubahan kecuali untuk komentar.

Cara membatasi style yang bisa digunakan pada dokumen:

  1. Pada tab Review, di grup Protect, klik Restrict Editing.
  2. Pada panel Restrict Editing, pilih check box Limit Formatting To A Selection Of Styles.
  3. Klik pada link/tautan Settings.
  4. Pada kotak dialog Formatting Restrictions, di daftar style, pilih check box di sebelah style yang akan Anda izinkan untuk digunakan. Kosongkan check box style yang ingin Anda batasi. Gunakan tombol All untuk mengizinkan semua style, atau tombol None untuk menonaktifkan semua style.
  5. Pada bagian Formatting di kotak dialog, pilih tiga check box sesuaikan dengan kebutuhan Anda.
  6. Klik OK.
  7. Pada panel Restrict Editing, klik tombol Yes, Start Enforcing Protection.
  8. Jika Anda ingin menambahkan password untuk melindungi pengaturan ini, pada kotak dialog Start Enforcing Protection, masukkan password dua-kali pada kotak yang disediakan. Jika tidak ingin memberi password, kosongkan saja kotaknya.

Cara membatasi tipe editing:

  1. Pada tab Review, di grup Protect, klik Restrict Editing.
  2. Pada panel Restrict Editing, pilih check box Allow Only This Type Of Editing In The Document.
  3. Klik kotak daftar dibawah check box dan pilih salah satu dari berikut ini:
    • Track Changes: bertindak seperti perintah Lock Tracking.
    • Comments: menonaktifkan semua pemformatan dan editing kecuali menambah, menghapus, atau membalas komentar.
    • Filling In Forms: menonaktifkan semua pemformatan dan editing kecuali di dalam field form.
    • No Changes (Read Only): menonaktifkan semua pemformatan dan editing.
  4. Jika Anda memilih Comments atau No Changes (Read Only) pada langkah nomor 3, bagian Exceptions akan ditampilkan pada panel Restrict Editing. Pilih satu atau beberapa area dokumen, lalu pilih check box Everyone. Anda bisa menentukan individu tertentu dengan cara klik link/tautan More Users dan masukkan alamat emailnya atau nama domain.
  5. Pada panel Restrict Editing, klik tombol Yes, Start Enforcing Protection. Pada kotak dialog Start Enforcing Protection yang terbuka, jika Anda ingin memproteksi pengaturan ini dengan password, masukkan password dua-kali pada kotak teks yang disediakan. Jika tidak ingin memberi password, biarkan saja kotaknya kosong.
Tips & Trik:
  • Sekumpulan style yang dipilih dengan cara klik tombol Recommended Minimum merupakan pemilihan yang bagus, meskipun Anda mungkin ingin mengubah daftar tersebut untuk menyesuaikan dengan dokumen Anda. Style Normal tidak ada pada daftar, karena style tersebut selalu ada dan selalu diizinkan.
  • Ketika Anda menerapkan pembatasan pemformatan, semua pemformatan secara langsung juga akan dinonaktifkan. Untuk bisa melakukan pemformatan karakter seperti Bold dan Italic, aktifkan style karakter seperti Strong dan Emphasis.

Artikel terkait:
Advertisement