Cara Mengatur Opsi AutoFormat Word 2013

Advertisement
Word 2013 memiliki kemampuan untuk mengaplikasikan beberapa format ke dalam teks Anda secara otomatis. Anda mungkin merasakan manfaat tersebut. Namun, jika Anda tidak memahami mengapa bisa berubah, dan bagaimana mengaturnya dan mengembalikannya, itu malah akan menjadikan frustasi dan dokumen Anda bisa menjadi berantakan tidak karuan.

Mengenali opsi AutoFormat As You Type:

  1. Klik File untuk menuju ke Backstage View, lalu klik Options.
  2. Klik Proofing, lalu klik AutoCorrect Options.
  3. Klik tab AutoFormat As You Type.
  4. Opsi pada bagian Replace As You Type mengatur penggantian untuk karakter yang spesifik (seperti tanda-kutip dan bilangan pecahan) dan pemformatan karakter (seperti alamat website).
  5. Opsi pada bagian Apply As You Type mengubah style paragraf teks sesuai dengan apa yang Anda ketikkan. Opsi ini bisa menyebabkan perubahan yang tidak diinginkan dan mungkin lebih mengganggu dan tidak bermanfaat. Anda bisa mengosongi check box ini.
  6. Anda harus mengosongkan opsi di bagian Automatically As You Type karena bisa menyebabkan perubahan yang tidak diinginkan pada dokumen Anda.

Cara melakukan AutoFormat secara manual:

  1. Klik File untuk menampilkan Backstage View, lalu klik Options.
  2. Klik Proofing, lalu klik AutoCorrect Options.
  3. Klik tab AutoCorrect, lalu atur opsi seperti yang Anda inginkan.
  4. Klik OK.
  5. Tekan [CTRL + ALT + K] untuk mengakses perintah AutoFormat Now.
Tips & Trik:
  • Setiap kali Word mengaplikasikan perubahan yang tidak diinginkan, segera klik Undo atau tekan [CTRL + Z] untuk menghilangkan perubahan.
  • Untuk membaca deskripsi yang lebih lengkap tentang opsi pada kotak dialog, tekan [F1], dan cari topik Undo atau Turn Off Automatic Formatting.

Artikel terkait:
Advertisement