Cara Presentasi Dokumen Secara Online Menggunakan Word 2013

Advertisement
Fitur baru di Office 2013 adalah kemampuan untuk menggunakan dokumen sebagai display pada presentasi online. Anda bisa mengajak orang untuk menghadiri presentasi dengan cara mengirim emali atau dengan memposting link/tautan presentasi ke situs atau jejaring sosial. Orang yang menghadiri presentasi akan melihat dokumen Anda di Word Web App pada web browsernya masing-masing.

Cara memposting atau mengirim ajakan:

  1. Buka dokumen yang ingin Anda presentasikan lalu klik File untuk menampilkan Backstage View.
  2. Klik tab Share, klik Present Online, lalu klik tombol Present Online.
  3. Word 2013 akan mengupload dokumen Anda ke layanan presentasi dan akan menampilkan link/tautan ke server tersebut. Klik opsi Send In Email untuk memulai membuka pesan pada program email default Anda, masukkan alamat email orang yang ingin Anda ajak melihat presentasi, lalu kirim pesan tersebut. Cara alternatifnya, Anda bisa klik Copy Link lalu Paste-kan link/tautan tersebut ke situs atau jejaring sosial seperti Twitter.

Cara memulai presentasi online:

  1. Ketika orang yang Anda ajak melakukan klik pada link/tautan ke presentasi, dokumen Anda akan terbuka pada Word Web App pada web browser orang tersebut.
  2. Klik tombol Start Presentation. Jika Anda melakukan scroll/menggulung di sepanjang dokumen, dokumen yang dilihat orang lain pada web browsernya juga akan mengikuti.
  3. Jika Anda ingin mengedit dokumen ketika sedang presentasi, pada tab Present Online, di grup Present Online, klik Edit. Jika pengeditan dokumen sudah selesai, klik tombol Resume yang ada pada banner Online Presentation Paused.
  4. Jika sesi presentasi sudah selesai, pada tab Present Online, di grup Present Online, klik End Online Presentation, lalu klik End Online Presentation. Orang yang menghadiri presentasi akan melihat layar hitam yang menampilkan pesan: The Presentation Has Ended.
Tips & Trik:
  • Jika Anda ingin mengizinkan orang yang menghadiri presentasi untuk mendownload dokumen Anda, pilih check box Enable Remote Viewers To Download The Document. Jika tidak, maka mereka hanya bisa mencetak dokumen ke file PDF, tapi tidak bisa mendownloadnya sebagai dokumen Word yang bisa diedit.
  • Anda bisa menambahkan komentar pada dokumen yang Anda presentasikan dengan cara klik tab Review lalu klik New Comment. Orang yang melihat presentasi Anda akan melihat Balloon komentar pada Margin kanan dokumen, yang bisa di klik untuk membaca komentar tersebut pada panel Comments.
  • Beberapa program email akan memasukkan Line Break di tengah-tengah URL presentasi yang sangat panjang, sehingga klik pada link/tautan tersebut tidak akan berfungsi. Jika hal tersebut terjadi, instruksikan kepada orang yang Anda ajak melihat presentasi untuk menyalin teks URL dan membukanya pada web browser secara manual.
  • Layanan presentasi tidak memiliki suara, dan tidak ada peringatan ketika orang lain hadir atau meninggalkan sesi. Jadi sangat penting untuk menyiapkan sesi konferensi audio untuk mendukung presentasi Word. Cara alternatifnya adalah presentasi dengan menggunakan Microsoft Lync.

Artikel terkait:
Advertisement