Cara Mengubah Outline Dan Fill, Menambahkan Teks, Menggabungkan Dan Mengedit Point Shape Di Word 2013

Advertisement
Format dari Shape meliputi Fill (warna interior atau gambar), Outline (warna dan ketebalan garis disekeliling interior), dan efek lain yang bisa diterapkan padanya, seperti bayangan dan refleksi. Ketika Anda memasukkan Shape kedalam dokumen, Shape awalnya akan memakai format default. Jika Anda menginginkan tampilan yang berbeda, Anda harus menerapkan format yang Anda inginkan.

Anda bisa menempatkan teks kedalam Shape, atau menggabungkan dua atau lebih Shape menjadi objek tunggal. Anda bahkan bisa menambah, menghapus, atau memindahkan sudut Shape, atau mengubahnya menjadi kurva yang lebih halus.

Cara mengubah Outline dan Fill dari Shape:

  1. Klik sebuah Shape pada dokumen untuk memilihnya.
  2. Pada tab kontekstual Drawing Tools | Format, di grup Shape Styles, klik thumbnail pada galeri Shape Styles.
  3. Pada tab kontekstual Drawing Tools | Format, di grup Shape Styles, klik tombol Shape Fill. Pada galeri yang ditampilkan dibawahnya, klik warna yang ada pada Theme Color atau Standard Color, atau klik No Fill untuk membuat warna Shape menjadi transparan. Anda juga bisa mengisi Fill dengan gambar, gradient, atau teksture built-in.
  4. Pada tab kontekstual Drawing Tools | Format, di grup Shape Styles, klik Shape Outline. Pada galeri yang ditampilkan, klik warna yang ada pada Theme Color atau Standard Color, atau klik No Outline. Jika Anda ingin mengubah ketebalan Outline atau mengubahnya menjadi garis-putus-putus, klik Weight atau Dashes dan pilih sebuah entry yang ada pada daftar.
  5. Jika Anda ingin menambahkan efek seperti bayangan, refleksi, dan lainnya, pada tab kontekstual Drawing Tools | Format, di grup Shape Styles, klik Shape Effects. Klik nama efek dan klik thumbnail yang ada pada daftar.

Cara menambahkan teks kedalam Shape:

  1. Klik pada Shape di dalam dokumen untuk memilihnya.
  2. Klik-kanan pada Shape, klik Add Text pada menu yang ditampilkan.
  3. Ketikkan teks pada titik penyisipan didalam Shape.
  4. Jika Anda ingin memutar teks atau mengubah Alignment, pada tab kontekstual Drawing Tools | Format, di grup Text, klik Text Direction atau Align Text lalu klik sebuah item yang ada pada daftar.

Cara menggabungkan banyak Shape (Group):

  1. Pilih dua atau lebih Shape (yang ada pada halaman yang sama pada dokumen) yang ingin Anda gabungkan menjadi objek tunggal. Jika Anda ingin memilih beberapa Shape saja, tekan-tahan tombol [CTRL] dan klik tiap Shape yang ingin dipilih. Jika Anda ingin memilih banyak Shape, atau Shape yang ditutupi/ditindih oleh Shape lainnya, pada tab Home, di grup Editing, klik Select, lalu klik Select Objects, lalu drag/tarik Rectangle (garis-kotak) pada halaman untuk mengelilingi semua Shape yang ingin Anda pilih.
  2. Pada tab kontekstual Drawing Tools | Format, di grup Arrange, klik Group, lalu klik perintah Group.

Cara mengedit point pada Shape:

  1. Klik sebuah Shape pada dokumen untuk memilihnya.
  2. Pada tab kontekstual Drawing Tools | Format, di grup Insert Shapes, klik Edit Shapes, lalu klik Edit Points.
  3. Anda bisa drag/tarik tiap kotak-hitam (Point) yang ada pada Outline Shape untuk mengubah Shape. Anda bisa drag/tarik kotak-putih (Handle) untuk mengubah kurva dari Outline. Anda bisa klik di sembarang tempat pada Outline untuk menambahkan point baru. Anda bisa klik-kanan sebuah point, lalu pilih opsi pada menu yang ditampilkan. Ketika Anda selesai melakukan perubahan, klik diluar Shape atau tekan tombol [ESC] untuk keluar dari modus editing Shape.
Tips & Trik:
  • Jika warna Fill Shape diatur menjadi No Fill, untuk memilih Shape Anda harus klik Outline dari Shape tersebut, bukan interiornya. Ketika kursor berada pada lokasi yang tepat untuk bisa memilih Shape, kursor akan berubah menjadi tanda-panah-empat-arah.
  • Untuk menghemat waktu, Anda bisa mengubah format default dari Shape yang nantinya akan Anda masukkan pada dokumen yang sama. Setelah Anda mengatur format untuk Shape yang pertama, klik-kanan pada Shape, lalu klik Set As Default Shape pada menu yang ditampilkan. Pilihan ini tidak akan mempengaruhi dokumen lainnya.

Artikel terkait:
Advertisement