Cara Mencetak Dokumen Word 2013

Advertisement
Pada awal mula terciptanya aplikasi pengolah kata, tahap akhir dari proses mengedit dokumen adalah mencetaknya di atas kertas. Meskipun distribusi dokumen melalui elektronik sudah menjadi hal yang biasa di masa kini, proses mencetak masih merupakan fungsi utama Word 2013 yang terus (bahkan wajib) dipertahankan.

Halaman Print di tampilan Backstage memiliki banyak pengaturan yang akan mempengaruhi hasil cetak. Disini Anda bisa memilih printer, halaman mana yang akan dicetak, berapa banyak halaman yang dicetak dalam satu lembar, dan masih banyak lagi. Beberapa pengaturan, termasuk orientasi, ukuran halaman, dan margin, bisa di atur disini atau di tab Page Layout pada Ribbon.

Suatu saat Anda mungkin ingin mencetak dokumen menjadi seperti buku yang bisa dilipat dan dijilid (booklet). Word bisa secara otomatis mengatur halaman sehingga akan mencetak dengan tepat. Meskipun memerlukan beberapa tahapan pengaturan untuk bisa mencetak dengan benar, Anda pasti bisa melakukannya.

Cara memilih printer:

  1. Klik File, lalu klik Print.
  2. Jika Anda ingin menggunakan printer yang berbeda dengan yang sudah dipilih, klik kotak Printer lalu pilih printer yang ada di daftar drop-down.
  3. Jika diperlukan, klik Printer Properties dan sesuaikan pengaturan yang ada disana. Jika software driver untuk printer yang dipakai telah menyertakan Printer Properties tersendiri, maka kotak dialog akan menampilkan opsi yang dibawa oleh pabrikan printer tersebut (tiap merek printer memiliki software berbeda, meskipun berbeda interface, mayoritas fungsi umum software tersebut adalah sama).

Cara mencetak sebagian isi dokumen:

  1. Untuk mencetak halaman yang spesifik, masukkan nomor halaman di teks boks Pages. Anda bisa memasukkan satu-persatu nomor halaman dengan cara memisahkan dengan tanda koma, seperti: 1,3,5,7 (yang berarti akan mencetak halaman 1, 3, 5 dan 7). Anda bisa memasukkan rentang halaman dengan memasukkan rentang nomor halaman pertama sampai terakhir kemudian dipisahkan dengan tanda minus atau dash, seperti: 20-50 (yang berarti akan mencetak dari halaman 20 sampai dengan halaman 50). Anda juga bisa mengkombinasikan cara-cara tersebut, dengan cara: 1,3,5,7,20-50.

Cara mencetak booklet:

  1. Di tab Page Layout, di grup Page Setup, klik Margins, lalu klik Custom Margins yang ada di bawah galeri yang ditampilkan.
  2. Klik drop-down Multiple Pages, lalu pilih Book Fold.
  3. Jika dokumen cukup besar (memiliki jumlah halaman hingga ratusan atau lebih), Anda harus mencetaknya menjadi grup-grup kecil untuk memudahkan dilipat dan dijilid. Klik drop-down Sheets Per Booklet, lalu pilih nilai yang ada.
  4. Klik OK.
  5. Klik File, lalu klik Print.
  6. Jika Print One Side telah dipilih, ubah menjadi Print On Both Sides.
  7. Jika dokumen dalam keadaan Portrait, settingan dari Book Fold secara otomatis akan mengubah orientasi printer menjadi Landscape. Jangan mengubah settingan ini.
  8. Klik Print.

Tips & Trik:
  • Jika dokumen memiliki banyak section/bagian dimana nomor halaman diulang mulai dari awal lagi, Anda harus mengkombinasikan nomor halaman dan nomor section, misal: p3s5-p6s5, untuk mencetak halaman 3 sampai dengan 6 yang ada di section 5.
  • Sebelum Anda mencetak banyak halaman sekaligus khususnya pada booklet, lakukan tes print terlebih dahulu untuk melihat apakah printer sudah benar mengorientasikan halaman (bisa dilihat dengan cara melipat dan melihat urutan halaman yang dicetak). Jika tidak, gunakan kotak dialog Printer Properties untuk mengubah duplex printing dari short-edge ke long-edge binding, atau sebaliknya.

Artikel terkait:
Advertisement