Cara Menambahkan Border Dan Shading Di Word 2013

Advertisement
Sebuah warna background pada Heading, Quote, atau teks penting lainnya berfungsi untuk menarik perhatian pembaca Anda. Garis dibawah Heading dan kotak di sekeliling teks adalah elemen desain lainnya yang bisa Anda pakai. Anda bisa membuat efek ini dengan mudah menggunakan tombol yang ada pada Ribbon. Untuk kontrol yang lebih banyak, Anda bisa menggunakan kotak dialog Borders And Shading.

Cara menambahkan Border dan Shading dengan menggunakan tombol yang ada pada Ribbon:

  1. Pilih paragraf atau bagian tertentu dari paragraf yang ingin Anda format.
  2. Untuk menambahkan background Shading, pada tab Home, di grup Paragraph, klik tanda-panah-kebawah pada tombol Shading.
  3. Pada galeri warna Shading, arahkan ke contoh warna yang bervariasi dan perhatikan live preview pada teks yang telah Anda pilih. Jika cocok dengan satu warna, klik untuk mengaplikasikannya.
    Gambar: border and shading word 2013.
  4. Untuk menambahkan Border, pada grup Paragraph, klik tanda-panah-kebawah pada tombol Borders untuk menampilkan daftar drop-down opsi Border.
  5. Arahkan ke item yang ada pada daftar drop-down dan lihat live preview pada teks yang telah Anda pilih. Jika ada satu border yang cocok, klik untuk mengaplikasikannya.
  6. Jika Anda ingin garis Border ada pada lebih dari satu sisi (bukan garis Border yang berbentuk kotak penuh), Anda bisa mengulangi langkah nomor 4 dan 5, dan pilih opsi Border yang Anda inginkan. Misalnya, jika Anda ingin garis Border ada di atas dan bawah, aplikasikan Top Border, lalu aplikasikan Bottom Border dengan cara yang sama.

Menggunakan kotak dialog Borders And Shading:

  1. Pilih paragraf atau bagian dari paragraf yang ingin Anda format.
  2. Pada tab Home, di grup Paragraph, klik tanda-panah-kebawah pada tombol Borders, lalu klik Borders And Shading yang ada di bawah daftar drop-down yang ditampilkan.
  3. Pada kotak dialog Borders And Shading, klik tab Borders.
  4. Pada kolom Setting, klik sebuah icon yang menunjukkan tipe Border yang Anda inginkan.
  5. Pada daftar Style, klik tipe garis yang Anda inginkan.
  6. Pada daftar drop-down Color dan Width, pilih warna dan tebal garis yang diinginkan.
  7. Jika Anda ingin garis Border ada di lebih dari satu sisi (bukan berupa garis kotak penuh), klik tombol di sekeliling preview untuk membuat atau menghilangkan garis Border.
  8. Klik tab Shading.
  9. Pada kotak Fill, pilih warna yang diinginkan.
  10. Anda juga bisa menggunakan pattern atau pola dengan memilih Style selain Clear, lalu memilih warna polanya.
  11. Klik OK.
Tips & Trik:
  • Jika Anda ingin warna Shading selain warna yang ada pada Theme Colors atau Standard Colors, klik More Colors dan gunakan Color Picker pada kotak dialog Colors.
  • Jika Anda ingin mengulangi Shading atau Border yang baru saja digunakan, klik tombol Shading atau Borders (bukan tanda-panah-kebawah di sebelahnya). Icon pada tombol tersebut menunjukkan warna dan Border yang baru saja Anda pakai.
  • Pada kotak dialog Borders And Shading, di bagian Apply To, Anda bisa memilih Text atau Paragraph dari daftar drop-down. Jika Anda memilih Text, efek Border dan Shading hanya akan diterapkan pada teks yang Anda pilih saja, dan tidak bisa mengatur garis Border untuk tiap sisinya (garis Border hanya berupa kotak penuh). Jika Anda pilih Paragraph, maka efek Border dan Shading akan diterapkan pada satu paragraf penuh (Anda bisa mengatur garis Border pada tiap sisinya), meskipun Anda hanya memilih beberapa teks saja ketika membuka kotak dialog border And Shading.

Artikel terkait:
Advertisement