Tutorial Belajar Windows 8.1

Advertisement
Tutorial Belajar Windows 8.1
Halaman ini berisi tentang semua artikel tutorial Windows 8.1 yang ada di situs ini. Kami cantumkan semuanya disini agar Anda tidak kesulitan mencari artikel yang Anda butuhkan, sehingga meminimalkan (bahkan tidak perlu lagi) Anda untuk menggunakan fitur pencarian di situs kami.


Interface:


Hal pertama yang Anda lihat ketika menghidupkan komputer Windows 8.1 adalah interface barunya. Anda akan langsung melihat Lock Screen lalu kemudian Start Screen, kedua fitur tersebut sekarang disertakan pada semua perangkat berbasis Windows 8. Lock Screen menawarkan informasi yang up-to-date seperti pesan email baru, tanggal dan waktu, dan bahkan status jaringan Anda, dan melindungi komputer Anda dari akses yang tidak diinginkan. Setelah Anda melewati Lock Screen, Anda akan melihat Start Screen, yang merupakan tampilan dan pendekatan baru dalam menggunakan komputer Anda. Start Screen sangat sederhana dan bersih dalam tampilan dan memiliki Tile yang mewakili berbagai aplikasi yang terinstal di komputer Anda.

Selain Start Screen, ada juga Desktop Windows. Desktop menawarkan pengalaman komputer yang familier, dan Anda bisa membukanya ketika membutuhkan untuk menjalankan aplikasi Desktop seperti Paint, WordPad, Control Panel, Microsoft Office Word, PowerPoint, Excel, dan lainnya. Sebagaimana Windows versi lainnya, Anda bisa membuat shortcut ke file atau aplikasi pada Desktop; menggunakan Taskbar untuk mengelola jendela yang terbuka; menginstal aplikasi; dan mengakses Recycle Bin. Anda bisa menggunakan File Explorer untuk mengelola data dan juga mengakses jaringan. Dan juga, sekarang sudah ada tombol Start. Anda akan mempelajari lebih jauh interface Windows 8.1 pada bagian ini.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas interface Windows 8.1:

Aneka opsi input:


Ada banyak cara untuk melakukan input data dan berinteraksi dengan komputer. Cara yang paling umum adalah dengan menggunakan keyboard dan mouse. Windows 8.1 tidaklah berbeda; semua teknik keyboard dan mouse yang sudah Anda kuasai masih berfungsi disini. Sehingga, tidak ada alasan untuk khawatir jika layar komputer atau perangkat Anda tidak mendukung touchscreen, dan tidak ada cara baru yang harus dipelajari tentang bagaimana melakukan input, kecuali beberapa tombol kombinasi yang Anda masih belum familier dengannya.

Jika Anda memiliki perangkat yang mendukung sentuhan (touchscreen), Windows 8.1 menawarkan cara baru untuk berinteraksi dengan komputer Anda. Berikut ini artikel-artikel yang membahas aneka opsi input di Windows 8.1:

Charm Settings:


Pengaturan umum Windows 8.1 sudah tersedia pada Charm Settings, yang menyediakan tool-tool untuk mengelola sesi komputasi secara efektif. Anda bisa mengatur kecerahan layar, menaikkan atau menurunkan volume suara, mematikan perangkat, dan lainnya. Tujuan utama dari Charm Settings adalah menyediakan cara cepat dan mudah untuk mengakses konfigurasi umum yang sering Anda gunakan dalam aktivitas komputasi.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas tentang Charm Settings:

Mengubah tampilan:


Ada banyak cara untuk mengubah-sesuaikan tampilan komputer Anda untuk membuatnya unik. Anda bisa mengubah warna dan background Start Screen dan mengatur tata letak Tile; Anda bisa mengubah gambar pada Lock Screen dan mengubah notifikasi yang ditampilkan disana; dan Anda bisa menggunakan tema tertentu untuk tampilan Desktop. Jika Anda Log In menggunakan akun Microsoft, perubahan-perubahan yang Anda lakukan tersebut akan mengikuti kemanapun dan dimanapun Anda menggunakan komputer.

Beberapa opsi personalisasi sudah tersedia pada PC Settings atau Control Panel. Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana mengubah tampilan Windows 8.1 Anda:

Melakukan pencarian:


Fitur Integrated Search di Windows 8.1 adalah salah satu fitur yang sangat powerful. Integrated artinya Windows 8.1 mampu untuk melakukan pencarian tidak hanya pada komputer Anda tapi juga di internet. Melakukan pencarian juga cukup mudah, Anda cukup mengetikkan kata kunci pencarian pada Start Screen dan akan langsung melihat hasilnya. Dari panel hasil pencarian, Anda bisa mengakses opsi penyortiran yang membantu Anda mempersempit hasil yang ditampilkan.

Anda juga bisa melakukan pencarian tool-tool administratif dan pengaturan Windows; data yang terkait dengan email tertentu; file foto; file musik; dan bahkan Anda bisa mencari data yang seharusnya dibuka oleh aplikasi lain (misalnya mencari restoran terdekat yang seharusnya dilakukan menggunakan aplikasi Maps). Anda juga bisa mengubah-sesuaikan pengaturan pencarian dan menghapus sejarah pencarian Anda.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana melakukan pencarian di Windows 8.1:

Aplikasi Maps:


Aplikasi Maps datang satu paket bersama dengan instalasi Windows 8.1, yang menawarkan kemudahan dalam penggunaan dan beberapa fitur menarik.

Dengan menggunakan aplikasi Maps, Anda bisa mencari tahu lokasi Anda saat itu; mendapatkan arah rute dari point A ke point B; melihat tampilan dunia dari langit; dan mengetahui bagaimana menghindari kemacetan lalu lintas pada perjalanan Anda. Kemampuan untuk memperbesar dan memperkecil detil tampilan sangat berguna ketika Anda mencari jalan-jalan pada peta. Anda bahkan bisa mendapatkan informasi tentang bisnis dan atraksi, atau beralih dengan cepat ke pencarian online atau situs yang terkait untuk mencari informasi lebih detilnya.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana menggunakan aplikasi Maps:

Internet Explorer 11:


Internet Explorer 11 adalah web browser buatan Microsoft. Windows 8.1 telah menyertakan Tile aplikasi Internet Explorer 11 pada Start Screen. Aplikasi ini telah dioptimasi untuk interface Windows 8.1, yang mendukung penggunaan pada perangkat touchscreen.

Desain barunya adalah menampilkan sebanyak mungkin konten pada layar (menghilangkan gangguan yang biasanya dikarenakan adanya Toolbar dan menu). Artikel-artikel dibawah ini akan membahas bagaimana melakukan navigasi di dalam interface Internet Explorer yang baru. Juga akan dibahas aplikasi Internet Explorer versi Desktop, yang masih ada dan bisa Anda gunakan ketika IE 11 tidak bisa memuaskan pengalaman Anda berselancar di internet.

Berikut ini artikel-artkel yang membahas bagaimana menggunakan Internet Explorer 11:

Aplikasi Calendar dan People:


Aplikasi Calendar dan People bisa membantu Anda mengelola jadwal kesibukan dan tetap terhubung dengan orang lain. Aplikasi Calendar memungkinkan Anda untuk membuat event dengan mudah, mengundang orang untuk menghadiri event tersebut, dan menggabungkan beberapa kalender online. Aplikasi People memungkinkan Anda untuk melihat update jejaring sosial dari orang lain, mengakses dan mengedit informasi kontak, menandai kontak tertentu sebagai favorit, dan bahkan mengupdate status jejaring sosial Anda.

Aplikasi Calendar dan People sama-sama menggunakan internet dan juga menggunakan aplikasi lain untuk sinkron dan menyediakan informasinya. Misalnya, ketika Anda mengakses halaman informasi kontak pada aplikasi People, Anda memiliki opsi untuk memetakan alamatnya (yang akan membuka aplikasi Maps) atau mengirim email (menggunakan aplikasi Mail). Ketika Anda membuat event pada aplikasi Calendar dan mengajak orang untuk menghadirinya, aplikasi Calendar akan menggunakan daftar kontak Anda untuk mencari alamat-alamat email tanpa Anda harus menuliskannya satu-persatu.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana menggunakan aplikasi Calendar dan People:

Aplikasi Mail dan Skype:


Email adalah cara umum yang digunakan untuk berkomunikasi dengan keluarga, teman, kolega, dan bisnis. Banyak orang yang lebih memilih cara ini. Dengan email, Anda memiliki waktu untuk menyusun isi pesan Anda, menulisnya, melampirkan file, dan menyimpan apa yang Anda tulis serta pesan balasan yang Anda terima. Anda juga bisa mengelola pesan email yang ingin Anda simpan dengan memindahkannya ke folder.

Ketika email tidak bisa memenuhi kebutuhan Anda, Anda bisa menggunakan Skype, yang hadir bersama dengan Windows 8.1. Dengannya, Anda bisa mengirimkan pesan teks, telepon, dan video secara real-time dengan orang lain. Skype merupakan cara baru untuk berkominukasi, dan juga merupakan salah satu cara terbaik untuk melakukan percakapan face-to-face dengan orang lain.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana menggunakan aplikasi Mail dan Skype:

Windows Store:


Tile Windows Store yang tersedia di Start Screen menawarkan akses ke koleksi aplikasi yang gratis atau berbayar yang bisa membantu Anda meningkatkan kemampuan Windows 8.1 dan mempersonalisasi pengalaman komputasi Anda. Anda akan menemukan berbagai macam model aplikasi di Windows Store.

Setelah menemukan aplikasi yang Anda inginkan di Windows Store, Anda bisa mengunduhnya baik yang gratis maupun yang berbayar. Anda bisa melihat ulasan atau review aplikasi untuk membantu Anda mengambil keputusan sebelum Anda menggunakan aplikasi tersebut. Dan sebaliknya, Anda juga bisa menambahkan review dan rating pada aplikasi yang pernah Anda gunakan untuk membantu orang lain mengambil keputusan sebelum menggunakan aplikasi tersebut.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas Windows Store:

Memutar musik:


Di Windows 8.1, Anda memiliki dua pilihan untuk memutar dan mengelola musik Anda: aplikasi Music dan Windows Media Player. Kedua aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menjelajahi koleksi musik Anda, memutar musik, dan membuat playlist.

Diantara kemiripan fungsi tersebut, kedua aplikasi tersebut memiliki perbedaan yang mencolok. Keduanya tidak menawarkan akses ke fitur yang sama. Misalnya, jika Anda ingin membeli musik secara online atau mendengarkan stasiun radio internet, Anda memerlukan aplikasi Music. Jika Anda ingin memindahkan musik ke CD, Anda membutuhkan Windows Media Player. Secara umum, perbedaannya adalah: Anda menggunakan aplikasi Music untuk membeli dan mendengarkan musik, dan Anda menggunakan Windows Media Player untuk mengelola musik tersebut.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas aplikasi Music dan Windows Media Player:

Aplikasi Photos, Video, dan Camera:


Windows 8.1 memiliki 3 aplikasi untuk bekerja dengan media visual. Aplikasi ini adalah Photos, Video, dan Camera, yang ketiganya tersedia di Start Screen. Aplikasi Photos memungkinkan Anda mengakses gambar, membuat folder untuk mengelola gambar-gambar tersebut, dan mengedit gambar. Aplikasi Video memungkinkan Anda mengakses video pribadi Anda, tipe lain media video yang Anda miliki, dan menawarkan akses ke Xbox Video Store dimana Anda bisa menyewa atau membeli film dan acara TV. Aplikasi Camera memungkinkan Anda mengambil gambar dan video langsung menggunakan perangkat Anda (jika memiliki kamera). Gambar dan video yang Anda ambil dengan kamera akan ditampilkan pada folder Pictures, dan Anda bisa melihatnya menggunakan aplikasi Photos.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas aplikasi Photos, Video, dan Camera:

Bekerja dengan aplikasi Desktop:


Aplikasi Desktop adalah aplikasi yang akan terbuka pada Desktop, seperti Notepad, WordPad, Paint, Sticky Notes, software yang Anda instal dari CD/DVD, dan aplikasi yang Anda download dari internet. Semua yang dibuka pada Desktop adalah aplikasi Desktop.

Pada bagian ini, Anda akan mempelajari bagaimana menggunakan elemen umum aplikasi Desktop seperti bagaimana menggunakan menu, Ribbon, bagaimana memformat teks, dan bagaimana mencetak dan menyimpan file. Meskipun mungkin aplikasi Desktop yang Anda gunakan berbeda, semua aplikasi Desktop memiliki menu yang hampir mirip, sehingga caranya tidak akan jauh berbeda.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana bekerja dengan aplikasi-aplikasi Desktop:

Perangkat dan jaringan:


Perangkat keras (Hardware) seperti printer, scanner, kamera, dan lainnya, harus terhubung dengan komputer Anda sebelum Anda bisa menggunakannya. Ketika pertama kali Anda menghubungkannya ke komputer, driver akan diinstal agar hardware bisa berkomunikasi dengan komputer dan sebaliknya. Windows 8.1 telah memudahkan proses instalasi ini karena memiliki library driver yang cukup lengkap, dan jika Windows tidak bisa menemukan driver untuk hardware Anda, Windows akan mencarinya melalui internet. Biasanya, yang Anda lakukan cukup dengan menyambungkan perangkat ke komputer, menghidupkannya, dan instalasi akan berjalan otomatis.

Selain menghubungkan dengan perangkat lain, Anda juga bisa menghubungkan komputer Anda dengan komputer lain pada jaringan. Anda bisa menghubungkan melalui kabel dan tanpa kabel (Wireless), dan privat atau publik. Jika Anda memiliki jaringan komputer di rumah, Anda bisa bergabung untuk berbagi printer, file, koneksi internet, media dan lainnya. Jika Anda memiliki akses gratis ke jaringan publik, Anda bisa menggunakannya untuk mengakses internet.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana mengatur perangkat dan jaringan:

User dan privasi:


Windows 8.1 memiliki banyak fitur yang membantu Anda, anak Anda, komputer, dan data pribadi Anda tetap aman. Beberapa fitur ini sanggup memblokir penyusup, hacker, dan malware ketika Anda berselancar di internet; dan melindungi user lain mengakses data pribadi Anda. Fitur lainnya juga bisa melindungi anak Anda dengan membatasi apa saja yang bisa dan tidak bisa mereka lakukan ketika menggunakan komputer.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas mengenai user dan privasi:

SkyDrive:


Windows 8.1 memiliki dua cara untuk menghubungkan perangkat komputer dengan konten Anda di cloud. Pertama, Anda bisa menyinkronkan pengaturan komputer Anda sehingga pengaturan tersebut akan juga diterapkan pada perangkat-perangkat lain yang Anda Log In dengan akun Microsoft untuk mengaksesnya. Pengaturan ini meliputi konfigurasi Start Screen dan data aplikasi.

Yang kedua, Anda bisa berbagi file dengan orang lain dengan cara menyimpannya di cloud. SkyDrive memungkinkan Anda untuk mengupload, mengakses, dan berbagi segala jenis data melalui internet, seperti musik, video, gambar, dan dokumen. Jika Anda menyimpan semua data ke SkyDrive, Anda bisa membuat semua konten pada komputer Anda tersedia (juga bisa diakses) ketika Anda Log In menggunakan akun Microsoft dari perangkat komputer lainnya.

Pada bagian ini, Anda akan mempelajari berbagai cara untuk menyimpan data di cloud, seperti mengupload file menggunakan Internet Explorer, menyimpan ke cloud menggunakan aplikasi Windows 8.1 dan aplikasi Desktop, dan membuat folder baru di SkyDrive menggunakan File Explorer. Anda juga akan mempelajari tentang aplikasi SkyDrive, yang menawarkan kemudahan mengakses file Anda, membuat folder, dan menambahkan konten ke SkyDrive.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas tentang SkyDrive:

Mengelola data:


Windows 8.1 memiliki struktur file built-in; yang memiliki folder untuk menyimpan data-data Anda. Ada folder bernama Desktops, Documents, Downloads, Music, Pictures, dan Videos. Ketika Anda menyimpan file, Windows 8.1 akan secara otomatis merekomendasikan folder tertentu sebagai tempat penyimpanan file tersebut (meskipun Anda bisa mengubahnya sendiri). Misalnya, jika Anda menyimpan file .jpg, Anda akan diarahkan ke folder Pictures; jika file .doc, Anda akan diarahkan ke folder Documents ketika menyimpan file.

Windows 8.1 juga menawarkan banyak cara untuk mengelola file yang Anda simpan. Anda bisa mengubah nama, memindahkan, menyalin, dan menghapus file. Anda bisa memampatkan/mengompres beberapa file sekaligus untuk mengurangi ukuran file-file tersebut, Anda bisa membackup file, dan Anda bisa berbagi file dengan Homegroup atau orang-orang tertentu. Anda juga bisa bekerja dengan folder; Anda bisa membuat folder baru, memindahkan atau menyalin data kedalamnya, dan sharing folder tersebut dengan orang lain. Anda bisa melakukan semua itu melalui File Explorer yang ada pada Desktop. Untuk membackup data, opsi Anda tidak hanya terbatas dengan menggunakan SkyDrive saja, tapi bisa juga dengan File History dan opsi-opsi lain yang ada untuk membackup data secara manual.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana mengelola data di Windows 8.1:

Aksesbilitas:


Anda bisa menggunakan mouse, touchpad, keyboard, atau jari Anda pada touchscreen untuk melakukan imput. Anda bisa melakukan input lebih mudah meskipun memiliki masalah pendengaran, penglihatan, atau kecekatan dengan mengkonfigurasikan berbagai pengaturan di Windows 8.1. Opsi-opsi ini bersifat universal pada hampir semua perangkat komputer. Anda bisa memperbesar volume, mengubah resolusi layar, dan membuat Tile yang ada di Start Screen menjadi lebih besar sehingga memudahkan ketika diakses dengan ketuk atau klik.

Ada beberapa opsi yang ada di Windows 8.1 yang mungkin tidak Anda temui di perangkat lainnya; opsi ini terletak pada beberapa lokasi seperti PC Settings, Control Panel, dan Ease Of Access Center. Anda bisa mengubah bagaimana mouse berfungsi dan ditampilkan pada layar, mengaktifkan kontras layar yang tinggi, dan menggunakan tool-tool seperti Magnifier, Narrator, dan Speech Recognition untuk memudahkan dalam penggunaan komputer Anda.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana mengatur aksesbilitas:

Merawat dan memperbaiki:


Windows 8.1 memiliki beberapa fitur built-in yang bisa membantu Anda menjaga komputer agar tetap berjalan dalam kondisi terbaiknya, meningkatkan performa ketika dibutuhkan, memandu Anda melalui tugas-tugas troubleshooting, dan membantu Anda mengembalikan komputer ketika mengalami masalah yang Anda tidak bisa memperbaikinya dengan cara lain. Pada bagian ini Anda akan mempelajari fitur-fitur tersebut seperti bagaimana membuat drive recovery, menggunakan ReadyBoost, mengatur Windows Update, memperbaiki masalah menggunakan Action Center dan berbagai wizard troubleshooting, menggunakan opsi Advanced Startup untuk memeriksa dan melakukan perbaikan secara otomatis, dan me-Refresh dan me-Reset komputer Anda ketika semua usaha-usaha perbaikan tersebut gagal.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana merawat dan memperbaiki komputer yang berbasis Windows 8.1:

Upgrade:


Windows 8.1 memiliki beberapa versi, tapi Anda hanya akan memerlukan 2 saja, Windows 8.1 atau Windows 8.1 Pro. Selain itu, Anda bisa memilih untuk membeli 1 edisi penuh atau upgrade. Anda bisa memilih versi 32 bit atau 64 bit tergantung dengan properti sistem hardware Anda.

Namun, sebelum Anda membeli atau memulai instalasi, Anda harus memeriksa beberapa hal. Komputer Anda harus sudah menggunakan Windows 8, atau memiliki ruang hard disk yang cukup untuk menginstal sistem operasi baru, memiliki cukup memory, dan prosesor yang kompatibel dengan persyaratan dari versi Windows 8.1 yang Anda pilih. Jika Anda tidak yakin dengan persyaratan yang ada, Anda bisa menggunakan Upgrade Assistant untuk memandu Anda.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana melakukan upgrade ke Windows 8.1:

Bantuan:


Bila di WIndows 8.1 Anda menghadapi dengan sesuatu yang tidak Anda ketahui, Anda bisa menggunakan tool-tool built-in untuk mendapatkan bantuan. Diantaranya ada tiga cara untuk mendapatkan bantuan tersebut: menggunakan aplikasi Help + Tips yang ada di Start Screen, menggunakan situs Microsoft Support, dan menggunakan cara lama melalui jendela Help And Support.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana mendapatkan bantuan di Windows 8.1:

Touch Gesture dan shortcut keyboard:


Selain menggunakan tombol menu, Toolbar, atau Ribbon untuk melakukan sesuatu di Windows 8.1, Anda bisa menggunakan shortcut keyboard. Shortcut keyboard merupakan tombol fungsi seperti F1 atau tombol kombinasi seperti [CTRL + C] yang berfungsi melakukan tindakan tertentu seperti membuka bantuan atau menyalin teks. Menguasai shortcut keyboard bisa membuat Anda lebih efisien dalam menggunakan komputer.

Beberapa tombol kombinasi bisa digunakan pada Start Screen, Desktop, dan File Explorer, sedangkan yang lainnya bisa digunakan pada program-program lain seperti Microsoft Word, Excel, dan lainnya.

Berikut ini artikel-artikel yang menjelaskan tentang shortcut keyboard dan touch gesture Windows 8.1:

Advertisement