Daftar Touch Gesture (Gerakan Tangan) Untuk Touchscreen Windows 8.1

Advertisement
Touch Gesture atau gerakan sentuhan tangan yang bisa digunakan untuk mendukung aktivitas komputasi Anda di perangkat Windows 8.1 yang mendukung touchscreen sebenarnya sama dengan Windows 8. Berikut ini daftar lengkapnya:

1. Menampilkan Charm:

Dari sisi kanan layar, gesek ke arah dalam (arah kiri). Charm bisa menampilkan akses ke Search, Share, Devices, Settings, dan Start Screen setiap saat.

2. Berpindah antar aplikasi:

Dari sisi kiri layar, gesek ke arah dalam (ke kanan) untuk berpindah antar aplikasi yang terbuka.

3. Menampilkan aplikasi yang pernah digunakan sebelumnya:

Dari sisi kiri layar, gesek kearah dalam (ke kanan), lalu segera ke kiri untuk menampilkan daftar aplikasi yang pernah dibuka sebelumnya. Ketuk pada aplikasi tersebut untuk membukanya.

4. Menampilkan perintah-perintah yang ada di dalam aplikasi (App Bar):

Gesek bagian bawah layar ke arah atas atau sebaliknya gesek dari atas ke bawah untuk menampilkan App Bar, yang terdapat berbagai perintah untuk mendukung aplikasi.

5. Menutup aplikasi:

Di Windows 8, aplikasi tidak akan memperlambat kinerja komputer tablet Anda, jadi Anda tidak perlu untuk menutupnya. Namun, jika Anda ingin menutup sebuah aplikasi, cukup gesek layar dari atas ke bawah.

6. Ketuk dan tahan untuk menampilkan menu:

Ketuk dan tahan sebuah item untuk melihat apakah ada menu opsi yang muncul. Hal ini biasanya ada pada desktop, tapi beberapa aplikasi seperti Mail juga menggunakan cara ini.

7. Ketuk untuk melakukan sesuatu:

Ketuk sebuah item untuk melakukan tindakan seperti membuka link/tautan, membuka aplikasi, atau menekan sebuah tombol.

8. Menggeser dan menggulung (Scroll):

Ketuk layar dan geser secara horizontal atau vertikal untuk memindahkan objek atau untuk melakukan Scroll/menggulung layar.

9. Cubit atau regangkan untuk melakukan Zoom Out atau Zoom In:

Sentuh layar dengan dua jari, lalu gerakkan jari saling menjauh (meregang) atau saling mendekat (mencubit) untuk melakukan Zoom In dan Zoom Out. Bukan hanya gambar yang bisa diperbesar untuk menampilkan lebih detil, tapi banyak juga item yang bisa di zoom.

10. Memutar:

Sentuh layar dengan dua jari dan putar untuk memutar/membalik objek, misalnya gambar.

Artikel terkait:
Advertisement