Cara Menggunakan Ribbon File Explorer Di Windows 8.1

Advertisement
Jendela File Explorer memiliki panel Navigation, panel Content, dan Ribbon. Ketika Anda memilih item yang ada di panel Navigation atau Content, opsi yang ada pada Ribbon akan berubah menyesuaikan dengan item yang Anda pilih (tab kontekstual). Masing-masing tab yang ada di Ribbon memiliki tool-tool yang berbeda yang Anda perlukan untuk melakukan tugas-tugas tertentu.
Berikut ini tab-tab umum yang di File Explorer:
  • File: untuk membuka jendela File Explorer baru, mendapatkan bantuan, dan melihat tempat-tempat yang sering Anda buka di komputer (History).
  • Home: untuk melakukan tugas pada file atau folder yang Anda pilih seperti Cut, Copy, Paste, Rename, Move, Select, dan lainnya. Anda juga bisa membuat folder baru dari sini. Jika Anda perhatikan, ada 5 grup pada tab File: Clipboard, Organize, New, Open, dan Select. Anda tidak akan menemukan tab Home (dan beberapa tab lainnya) jika Anda memilih Homegroup, This PC, atau Network pada panel Navigation.
  • Share: untuk berbagi file dan folder dengan menggunakan berbagai cara seperti mencetak, mengirim melalui fax, menyalin ke CD/DVD, berbagi dengan Homegroup, dan lainnya. Perhatikan 2 grup yang ada: Send dan Share With.
  • View: untuk mengubah bagaimana data ditampilkan pada panel Content, untuk menyortir data, menyembunyikan item, dan untuk mengubah interface File Explorer dengan menampilkan panel lainnya. Perhatikan 4 grup yang ada: Panes, layout, Current View, Show/Hide.
  • Computer: untuk memetakan drive jaringan, menambahkan lokasi jaringan, membuka Control Panel, melihat properti sistem, dan lainnya. Perhatikan 3 grup yang ada: Location, Network, dan System.
Tips & Trik:
  • Coba pilih folder Pictures yang ada di panel Navigation, lalu klik pada gambar yang ada di panel Content. Perhatikan bahwa ada tab baru ditampilkan pada Ribbon (tab Manage) setelah Anda klik gambar. Gunakan tab ini untuk memutar gambar yang Anda pilih atau melihat Slide Show dari gambar-gambar yang ada di dalam folder.
  • Tab kontekstual seperti Music Tools, Video Tools, dan Picture Tools akan ditampilkan ketika Anda memilih konten yang sesuai dengannya.

Artikel terkait:
Advertisement