Cara Melakukan Navigasi Di Dalam File Explorer Windows 8.1

Advertisement
File Explorer menawarkan akses ke berbagai area di komputer Anda melalui panel Navigation. Beberapa area ini berupa folder, seperti Downloads, Documents, Pictures, dan sebagainya. File Explorer juga menawarkan akses ke lokasi jaringan Anda, Homegroup, dan SkyDrive. Area-area ini terletak di luar komputer Anda. Anda bisa membuka folder ini dan mengakses lokasi tersebut untuk mendapatkan data yang telah Anda kelola dan simpan disana. Anda bisa membuka folder-folder yang terkait dan subfolder, navigasi lebih dalam ke struktur folder tersebut. Ada beberapa cara untuk kembali ke tempat semula atau ke tempat sebelumnya ketika menjelajahi folder-folder. Anda bisa menggunakan tanda-panah Back, tanda-panah Up, dan panel Navigation.

Cara melakukan navigasi di dalam File Explorer:

  1. Pada Desktop, klik icon File Explorer.
  2. Jika jendela File Explorer tidak membuka penuh memenuhi layar, Drag/tarik Title Bar ke layar bagian atas untuk Maximize jendelanya.
  3. Klik This PC. Jika tidak ada yang ditampilkan dibawah This PC, klik tanda-panah yang ada disampingnya. Perhatikan lokasi-lokasi yang ada:
    1. Folder default untuk menyimpan file.
    2. Akses ke SkyDrive.
    3. Anggota Homegroup.
  4. Klik-dua-kali Pictures untuk membuka folder Pictures.
  5. Dibawah This PC, klik Documents untuk membuka folder Documents.
  6. Klik tanda-panah keatas yang ada di sebelah kiri Address Bar untuk naik satu level pada hirarki folder.
  7. Klik tanda-panah Back untuk kembali menampilkan konten folder Documents.
  8. Klik tanda-panah drop-down di sebelah kanan tombol Forward.
  9. Perhatikan daftar item yang baru-baru saja Anda lihat di File Explorer.
Tips & Trik:
Dengan folder terbuka pada File Explorer, Anda bisa klik Properties pada tab Home. Jendela yang ditampilkan akan memberi Anda informasi tentang folder, seperti berapa banyak file dan subfolder yang ada di dalamnya, tanggal dibuat, dan apakah folder tersebut di-share dengan lainnya.

Artikel terkait:
Advertisement