Cara Menggunakan Remote Assistance Di Windows 8.1

Advertisement
Dengan menggunakan Remote Assistance, Anda bisa meminta orang lain untuk memperbaiki masalah komputer yang anda hadapi melalui internet atau jaringan lokal. Anda mengirimkan ajakan/invitation (biasanya melalui email), lalu orang tersebut menerima ajakan Anda dan terhubung dengan komputer Anda, lalu Anda memberikan izin kepada orang tersebut untuk mengambil alih komputer dan memperbaiki masalah yang ada.

Cara menggunakan Remote Assistance:

  1. Buka Control Panel, ketikkan "Remote Assistance" tanpa tanda-kutip pada kotak Search.
  2. Klik Invite Someone To Connect To Your PC And Help You, Or Offer To Help Someone Else.
  3. Klik Invite Someone You Trust To Help You.
  4. Jika sebelumnya Anda pernah menggunakan Remote Assistance, Anda akan melihat nama orang yang pernah membantu Anda. Klik nama orang yang ada pada daftar atau pilih Invite Someone To Help You.
  5. Klik Save This Invitation As A File (jika Anda menggunakan program email berbasis web, seperti Yahoo Mail atau Gmail), atau klik Use Email To Send An Invitation (jika Anda menggunakan program yang terinstal pada komputer Anda untuk mengirimkan email, seperti aplikasi Mail).
  6. Orang yang akan membantu Anda membutuhkan password, lakukan salah satu hal berikut:
    1. Selesaikan proses untuk mengirimkan ajakan melalui email (yang caranya berbeda tergantung dengan opsi yang Anda pilih pada langkah nomor 5.) dan sertakan passwordnya.
    2. Hubungi orang tersebut melalui telepon atau menggunakan Skype, dan beritahu passwordnya.
  7. Setelah orang tersebut menerima ajakan Anda dan menanggapinya, klik Yes untuk mengizinkannya mengakses.
  8. Untuk mengakhiri sesi Remote Assistance, klik tanda X yang ada di pojok-kanan-atas jendela Windows Remote Assistance.
Tips & Trik:
Selalu pastikan bahwa Anda mengenal orang yang Anda mintai bantuan untuk mengakses komputer Anda secara remote. Hacker dan scammer yang cerdik bisa berpura-pura berasal dari perusahaan yang sah seperti Microsoft dan menawarkan untuk menyelesaikan masalah yang Anda hadapi melalui internet. Remote Assistance akan tetap aman jika Anda mengirimkan ajakan hanya ke orang yang Anda kenal, dan Anda percayai.

Artikel terkait:
Advertisement