Cara Melakukan Koneksi Ke Jaringan Privat Di Windows 8.1

Advertisement
Jaringan privat adalah jaringan yang Anda percayai, yang di dalamnya terdapat komputer-komputer yang anda bisa berbagi file, media, dan perangkat dengannya, dan bisa juga berupa berbagai perangkat media seperti Xbox 360. Biasanya, jaringan privat adalah jaringan di rumah Anda, meskipun bisa juga berada pada tempat bisnis. Namun, jaringan ini bukanlah jaringan yang bisa Anda temui di kafe, bandara, atau perpustakaan, karena itu merupakan jaringan publik.

Cara koneksi ke jaringan privat:

  1. Klik tombol keyboard [WINDOWS + I] untuk membuka Charm Settings. Klik tombol Network.
  2. Jika diperlukan, ubah slider Wi-Fi dari Off menjadi On.
  3. Klik nama jaringan.
  4. Jika Anda inginkan, klik Connect Automatically.
  5. Klik Connect.
  6. Jika diminta, ketikan kode keamanan jaringan, tekan tombol WPS (jika berlaku), atau ikuti petunjuk yang ada, lalu klik Next.
  7. Anda sekarang telah tersambung ke jaringan.
Tips & Trik:
  • Jika diminta, pilih tipe jaringan yang sesuai ketika proses koneksi dan pilih apakah Anda akan berbagi data (privat) atau tidak (publik).
  • Homegroup adalah jaringan komputer yang berbasis Windows 7 dan Windows 8, yang bertujuan untuk berbagi sumber daya dengan mudah tanpa harus secara manual mengatur sharing. Jika Anda melakukan koneksi ke jaringan privat yang sebelumnya pernah dikonfigurasikan sebagai Homegroup, Anda akan diminta untuk bergabung dengan Homegroup tersebut. Jika Anda belum memiliki Homegroup, Anda akan diminta untuk membuatnya, Anda bisa melakukannya melalui wizard yang ditampilkan.
  • Jika Anda menggunakan Ethernet (seperti router, switch, atau hub) untuk melakukan koneksi, Anda tidak perlu mengaktifkan Wi-Fi dan bergabung dengan jaringan (lihat pada langkah nomor 2 diatas).

Artikel terkait:
Advertisement