Cara Melakukan Disk Cleanup Di Windows 8.1

Advertisement
Ketika Anda menyimpan data dan aplikasi pada hard disk, atau browsing melalui internet (sehingga menghasilkan Temporary Internet Files), bit data tersebut bisa disimpan pada berbagai lokasi pada hard disk Anda. Seiring berjalannya waktu, bit data yang lama bisa menyebabkan performa komputer Anda melambat. Disk Cleanup bisa Anda gunakan untuk menghapus data-data tersebut untuk meningkatkan kembali performa komputer.

Cara melakukan Disk Cleanup:

  1. Pada Start Screen, ketikkan "Disk Cleanup" tanpa tanda-kutip.
  2. Klik Disk Cleanup pada hasil yang ditemukan.
  3. Perhatikan item-item yang akan Anda hapus. Biarkan item yang sudah dipilih. Jika diperlukan, pilih item lainnya, misalnya mengosongkan Recycle Bin.
  4. Klik OK.
  5. Klik Delete Files.
Tips & Trik:
  • Jika Anda memiliki lebih dari 1 drive yang berisi data, Anda akan diminta untuk memilih drive pada langkah nomor 3. Pilih drive utama jika itu yang terjadi.
  • Disk Defragmenter adalah tool lain yang bisa Anda gunakan untuk merapikan disk drive. Tool ini akan mencari file-file yang tidak disimpan dalam satu tempat yang sama; mereka mencari file yang terpecah-pecah di dalam hard disk Anda. Konsolidasi file-file ini akan mempercepat proses membuka file. Namun, tool ini berjalan sendiri dan sudah terjadwal, sehingga tidak perlu dijalankan secara manual.

Artikel terkait:
Advertisement