Cara Mengupdate Driver Secara Manual Di Windows 8.1

Advertisement
Driver adalah sebuah software yang membuat komputer bisa berkomunikasi dengan perangkat/hardware Anda, dan sebaliknya, seperti printer, scanner, kamera, kartu grafis, dan lainnya. Setelah menginstal Windows 8.1, Anda mungkin memiliki masalah pada perangkat tertentu yang mengharuskan mengupdate drivernya.

Anda mungkin diminta oleh Windows 8.1 untuk mencari driver ketika pertama kali mencoba menggunakan perangkat/hardware tersebut. Jika demikian, ikuti permintaannya tersebut. Seiring berjalannya waktu, Anda mungkin diberitahu oleh Action Center bahwa ada driver baru yang tersedia untuk perangkat Anda. Jika demikian, ikuti instruksinya melalui Action Center untuk melakukan update. Driver perangkat Anda mungkin juga sudah terinstal secara otomatis melalui Windows Update.

Namun, kadang ada masalah yang harus diperhatikan dengan segera, seperti masalah dengan hardware internal seperti kartu jaringan, kartu suara, kartu grafis, dan lainnya. Jika itu yang terjadi, Anda bisa mengupdate driver tersebut secara manual melalui Device Manager.

Cara mengupdate driver secara manual:

  1. Pada Start Screen, ketikkan "Device Manager" tanpa tanda-kutip.
  2. Klik Device Manager pada hasil pencarian yang ditampilkan.
  3. Klik-dua-kali pada perangkat/hardware yang bermasalah.
  4. Klik tombol Update Driver.
  5. Klik Search Automatically For Updated Driver Software.
  6. Jika Windows menyatakan bahwa driver Anda sudah menggunakan yang terbaru atau driver tidak tersedia, klik Close. Jika Windows melaporkan bahwa ada driver baru, ikuti instruksinya untuk mengupdate driver tersebut.
  7. Klik Close lagi.
  8. Klik tanda X untuk menutup Device Manager.
Tips & Trik:
Jika Anda memiliki masalah dengan kompatibilitas hardware atau software, kunjungi Windows 8 Compatibility Center di: www.microsoft.com/en-us/windows/compatibility.

Artikel terkait:
Advertisement