Cara Mengatur Tanggal Dan Waktu Di Windows 8.1


Komputer Anda menggunakan zona waktu tertentu untuk menampilkan jam pada Taskbar Desktop, mengatur aplikasi kalender ke tanggal yang tepat, menjalankan tugas perawatan yang terjadwal, dan masih banyak lagi. Zona waktu yang Anda pilih (atau zona waktu yang telah dipilih oleh komputer Anda) akan menyesuaikan waktu secara otomatis. Tergantung dengan perangkat yang Anda gunakan, pengaturan yang Anda gunakan, dan apakah layanan lokasi diaktifkan atau tidak, waktu akan melakukan update ketika Anda bepergian ke zona waku yang berbeda. Namun, tidak peduli pengaturan apapun yang Anda gunakan, waktu yang tepat dibutuhkan aplikasi tertentu agar bisa berfungsi, sehingga sangatlah penting mengetahui bagaimana menentukan zona waktu.

Cara mengubah zona waktu:

  1. Buka Charm Settings atau tekan tombol keyboard [WINDOWS + I].
  2. Klik Change PC Settings.
  3. Jika Anda melihat tanda-panah Back, klik saja tanda-panah tersebut. Klik Time And Language (tidak ada pada gambar).
  4. Pada tab Date And Time, pilih zona waktu yang sesuai dari field Time Zone.
  5. Jika diperlukan, Anda bisa mengaktifkan opsi untuk mengatur Daylight Saving Time secara otomatis.
  6. Pastikan Set Time Automatically sudah diaktifkan.
Tips & Trik:
  • Untuk bisa mengubah tanggal dan waktu, Anda harus Log On sebagai Administrator.
  • Anda bisa mengkonfigurasikan lebih dari 1 jam pada Taskbar Desktop. Untuk melakukannya, klik tanggal dan waktu pada area Notifications, klik Change Date And Time Settings, lalu klik tab Additional Clocks.
  • Jika Anda melihat tanda-panah Back ketika membuka PC Settings, klik tanda tersebut. Itu akan membawa Anda kembali ke halaman utama PC Settings.

Artikel terkait:
Advertisement