Cara Menggunakan Advanced Startup Di Windows 8.1

Advertisement
Terkadang, Anda melakukan restart komputer untuk kemudian melakukan booting ke selain hard disk utama. Misalnya, jika komputer bermasalah dan tidak bisa startup menuju Windows, Anda mungkin akan melakukan boot dengan DVD Windows 8.1. Anda mungkin juga ingin menggunakan opsi Advanced Startup untuk menggunakan drive recovery yang telah Anda buat untuk memperbaiki masalah startup tersebut. Anda mungkin juga ingin memperbaiki komputer Anda dengan menggunakan tool-tool seperti System Restore, Startup Repair, dan Startup Settings. Tool-tool tersebut bisa membantu Anda memperbaiki semua jenis masalah startup yang ada.

Berikut ini beberapa item yang mungkin ingin Anda coba jika Anda tidak bisa memperbaiki komputer dengan menggunakan teknik lainnya:
  • System Restore: untuk mengembalikan komputer Anda ke kondisi sebelumnya, ketika komputer masih stabil. Windows secara otomatis membuat Restore Point yang bisa Anda gunakan untuk melakukan hal ini.
  • System Image Recovery: untuk mengembalikan komputer Anda ke kondisi tertentu dengan menggunakan System Image Recovery yang telah Anda buat dengan menggunakan software backup.
  • Startup Repair: untuk melakukan perbaikan secara otomatis yang memeriksa dan memperbaiki masalah startup yang umum.
  • Startup Settings: untuk memperbaiki masalah startup dengan start yang minimal dengan tampilan resolusi rendah, di Safe Mode, dan mengaktifkan boot logging.

Cara menggunakan Advanced Startup:

  1. Pada Start Screen, ketikkan "Recovery" tanpa tanda kutip.
  2. Klik Recovery Options pada hasil yang ditampilkan.
  3. Dibawah Advanced Startup, klik Restart Now.
  4. Setelah komputer restart, pilih Use A Device atau Troubleshoot.
  5. Jika Anda memilih Use A Device, pilih drive yang ingin Anda gunakan untuk booting. Komputer akan booting ulang menggunakan drive yang Anda pilih tersebut. (tidak ada gambar penjelasan).
  6. Jika Anda memilih Troubleshoot, Anda bisa memilih salah satu dari berikut ini:
    1. Refresh Your PC: untuk melakukan Refresh komputer Anda.
    2. Reset Your PC: untuk melakukan Reset komputer Anda ke kondisi aslinya.
    3. Advanced Options: untuk mengakses opsi-opsi lainnya.
  7. Jika Anda memilih Advanced Startup pada langkah nomor 6 diatas, pilih salah satu dari berikut ini:
    1. System Restore: untuk mengembalikan Windows ke kondisi semula menggunakan Restore Point yang disimpan di komputer Anda.
    2. System Image Recovery: untuk mengembalikan Windows menggunakan file image sistem tertentu yang pernah Anda buat.
    3. Automatic Repair: memperbaiki masalah loading Windows secara otomatis.
    4. Windows Startup Settings: untuk mengubah perilaku startup Windows seperti Driver Signature Enforcement.
  8. Ikuti semua permintaannya, yang akan berbeda-beda tergantung dengan pilihan sebelumnya, untuk menyelesaikan prosesnya.
Tips & Trik:
Jika Anda tidak memahami opsi-opsi diatas, tanyakan kepada teman yang Anda percayai dan tentunya yang mengerti komputer untuk membantu Anda.

Artikel terkait:
Advertisement