Cara Menutup Aplikasi Menggunakan Task Manager Di Windows 8.1

Advertisement
Task Manager adalah utilitas yang melacak berbagai program dan proses yang berjalan pada komputer Anda, dan menawarkan kepada Anda opsi untuk menutup aplikasi atau mengakhiri proses secara manual, yang berhenti merespon atau error. Task Manager sangat berguna untuk teknisi komputer profesional, dan ada banyak hal yang bisa Anda lakukan menggunakan Task manager. Sangatlah penting untuk mengetahui bagaimana cara menutup aplikasi yang tidak merespon atau error yang tidak bisa ditutup dengan cara normal, karena bisa menghindarkan Anda daripada harus restart komputer.

Cara menutup aplikasi menggunakan Task Manager:

  1. Tekan tombol keyboard [CTRL + SHIFT + ESC].
  2. Klik More Details. Lewati langkah ini jika yang ditampilkan adalah Fewer Details.
  3. Pada tab Processes, klik item yang ingin Anda tutup.
  4. Jika Anda tidak menemukan item yang ingin Anda tutup pada daftar, klik tanda-panah-kebawah yang ada untuk mencarinya.
  5. Klik End Task.
  6. Klik tanda X yang ada di pojok-kanan-atas untuk menutup Task Manager.
Tips & Trik:
  • Jika Anda sudah menemukan aplikasi yang ingin Anda tutup setelah membuka Task Manager (tanpa klik More Details), Anda bisa langsung memilihnya dan klik End Task untuk menutup aplikasi tersebut. Anda tidak perlu melihat detilnya jika tidak menginginkannya. Namun, untuk melihat apa saja yang ada di Task Manager dan untuk melihat lebih detil, kami klik More Details pada langkah nomor 2 diatas.
  • Untuk melihat aplikasi apa saja yang dijalankan ketika startup, klik tab Startup. Pada tab tersebut, Anda bisa menonaktifkan beberapa aplikasi desktop untuk mempercepat startup Windows 8.1. Dan jangan khawatir, aplikasi desktop yang Anda nonaktifkan tersebut masih bisa Anda buka dengan cara klik pada iconnya seperti yang biasa Anda lakukan ketika membuka aplikasi-aplikasi lainnya.

Artikel terkait:
Advertisement