Cara Menggunakan ReadyBoost Di Windows 8.1

Advertisement
Komputer menyimpan data yang diperlukan sementara pada RAM (Random Access Memory) yang terletak pada perangkat komputer Anda. Data sementara ini bisa berupa informasi yang akan dikirimkan ke printer ketika proses cetak, atau bisa berupa data yang diperlukan untuk proses kalkulasi; bukan data atau file-file yang Anda simpan pada hard disk komputer. Secara umun, semakin besar RAM komputer Anda, data yang bisa disimpan sementara semakin banyak dan performa komputer akan semakin cepat.

Namun, biasanya sulit untuk menambahkan RAM pada perangkat komputer Anda, mungkin karena harganya yang mahal, atau slot RAM yang terbatas, atau mungkin spesifikasi RAM yang jarang ada di pasaran. Jika Anda ingin menambah RAM tapi tidak ingin membeli RAM, Anda bisa menggunakan teknologi yang disebut ReadyBoost untuk meningkatkan performa. ReadyBoost bertindak dan memiliki tujuan yang sama seperti RAM, dan hanya membutuhkan flash disk atau memory card yang kompatibel.

Cara menggunakan ReadyBoost:

  1. Sambungkan flash disk atau memory card.
  2. Jika File Explorer tidak terbuka, klik icon File Explorer yang ada pada Taskbar Desktop.
  3. Klik-kanan pada drive flash disk atau memory card, lalu klik Properties.
  4. Klik tab ReadyBoost.
  5. Klik Use This Device.
  6. Gunakan slider untuk mengatur lebih dari 1000 MB (sekitar 1 GB).
  7. Klik OK.
Tips & Trik:
  • Ada beberapa persyaratan agar flash disk atau memory card bisa digunakan untuk ReadyBoost, Anda akan diberitahu jika tidak memenuhi persyaratan tersebut. Microsoft merekomendasikan Anda menggunakan flash disk atau memory card yang lebih besar dari 1 GB, 2 - 4 GB akan semakin baik.
  • Jika komputer Anda menggunakan SSD (Solid-State Drive), Anda mungkin tidak menemukan opsi untuk mempercepat komputer Anda menggunakan ReadyBoost ketika Anda menancapkan flash disk atau memory card. Anda mungkin akan menerima pesan seperti ini: "ReadyBoost is not enabled on this computer because the system disk is fast enough that ReadyBoost is unlikely to provide any additional benefit". Hal ini dikarenakan beberapa SSD sudah sangat cepat sehingga tidak akan memperoleh keuntungan menggunakan fitur ReadyBoost.

Artikel terkait:
Advertisement