Tutorial Belajar Microsoft Outlook 2013

Advertisement
Tutorial Belajar Microsoft Outlook 2013
Halaman ini berisi tentang semua artikel tutorial Microsoft Outlook 2013 yang ada di situs ini. Kami cantumkan semuanya disini agar Anda tidak kesulitan mencari artikel yang Anda butuhkan, sehingga meminimalkan (bahkan tidak perlu lagi) Anda untuk menggunakan fitur pencarian di situs kami.


Apa yang baru di Outlook 2013:


Microsoft Outlook 2013 bukan hanya memiliki tampilan baru, tapi juga memiliki beberapa fitur baru. Perubahan-perubahan ini menjadikan Outlook lebih menarik secara visual dan lebih mudah digunakan. Misalnya, membalas email sudah tidak lagi membuka di jendela baru secara default, Anda bisa mengeditnya secara langsung melalui Reading Pane. Perubahan lain yang sangat signifikan adalah integrasi dengan akun jejaring sosial seperti Facebook dan LinkedIn, yang membawa semua kontak dalam satu tempat.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas apa saja yang baru di Outlook 2013:

Memulai Outlook 2013:


Microsoft outlook 2013 bisa membantu Anda mengelola hampir setiap aspek kehidupan harian Anda. Dengan Outlook, Anda memiliki tool untuk mengelola email, kontak, kalender, dan tugas-tugas. Menggunakan tool-tool ini, Anda bisa melacak panggilan telepon Anda, waktu yang dihabiskan pada dokumen, dan tugas atau event lain. Dengan fitur baru integrasi dengan akun jejaring sosial seperti akun Facebook dan LinkedIn, Anda bisa membawa pengalaman online Anda, berkomunikasi dengan keluarga, teman, dan rekan kerja, semuanya dalam satu tempat.

Meski memiliki banyak fitur, Outlook masih mudah digunakan. Menyediakan form sederhana untuk membuat dan melihat pesan, meeting, tugas, dan item-item lainnya. Anda juga bisa memilih diantara beberapa opsi untuk melihat informasi Anda di Outlook, dan Anda juga bisa mengubah-sesuaikan View yang sudah ada atau membuat yang baru.

Pada bagian ini akan dijelaskan secara ringkas bagaimana memulai menggunakan Outlook. Anda akan mempelajari bagaimana bekerja dengan folder dan item Outlook (seperti pesan, meeting, dan kontak), menambahkan akun email, dan mencari bantuan ketika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut tentang fitur atau tugas tertentu.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana memulai Outlook 2013:


Microsoft Outlook 2013 bisa menangani banyak tugas harian untuk Anda, seperti mengelola kalender, mengoleksi catatan, dan menyimpan kontak Anda. Tapi fitur utama dari Outlook adalah emailnya. Outlook biasanya dijuluki sebagai Universal Inbox, yang bisa mengirim, menerima, dan menyimpan pesan dari beberapa sumber email yang berbeda, seperti Exchange Server, Outlook.com, Windows Live, dan akun email internet lainnya.

Fitur email di Outlook memungkinkan Anda untuk membuat dan mengirim pesan email ke orang lain. Dengan bantuan People Hub dan Address Book, Anda bisa dengan cepat mengakses daftar penerima pesan email ketika Anda bersiap untuk mengirimkannya. Anda juga bisa menggunakan grup kontak yang ada di Outlook untuk mengirimkan sebuah pesan ke beberapa user sekaligus, memformat teks pesan email menjadi HTML dan menggunakan HTML Stationery, dan menambahkan Signature pada bagian bawah semua pesan keluar Anda.

Pada bagian ini, Anda akan mempelajari bagaimana menulis dan mengubah pesan email, mengirim pesan, dan mengulas pesan yang sudah Anda kirimkan. Selain itu, Anda juga akan mempelajari bagaimana menggunakan Address Book untuk memilih nama penerima pesan, membuat dan menggunakan grup kontak, memformat pesan, menggunakan Signature, mengirim file lampiran, dan menggunakan HTML Stationery

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana menulis dan mengirim email:

Menerima dan membaca email:


Untuk menerima pesan email yang dikirimkan kepada Anda, Microsoft Outlook 2013 menghubungkan ke server email dimana pesan tersebut disimpan (seperti server pada jaringan atau internet) dan mengunduh pesan (atau menyalinnya) ke folder Inbox Anda. Dari sana, Anda kemudian bisa membaca pesan, membalas, meneruskan ke orang lain, manandai untuk ditindaklanjuti di lain waktu, dan membuka file lampiran. Pada banyak kasus, pesan yang Anda download akan dihapus dari dari server secara otomatis setelah Anda mengunduhnya/menerimanya.

Outlook juga bisa memfilter email sampah dengan menempatkannya pada folder Junk Email semua email yang berisi kata atau frasa tertentu atau yang dikirim dari alamat tertentu. Anda bisa mengatur filter ini untuk memblokir email dari pengirim yang tidak Anda inginkan. Anda juga bisa mengatur Outlook Rules yang bisa membantu Anda mengelola pesan dengan memindahkannya ke folder yang telah Anda buat, menandainya, atau memproses pesan berdasarkan rule yang telah Anda tentukan sendiri.

Pada bagian ini Anda akan mempelajari bagaimana menerima, membaca, membalas, menandai, dan meneruskan pesan di Outlook. Anda akan mempelajari bagaimana mengelola Inbox dengan menghapus, menyimpan, dan mencetak pesan. Anda juga akan mempelajari bagaimana menangani email sampah, mengatur rule untuk pesan Anda, dan bekerja dengan lampiran email.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana menerima dan membaca email:

Menggunakan People Hub:


Tetap berhubungan dengan orang lain adalah bagian dari hidup dan merupakan tugas penting dalam bisnis. Apakah itu teman Anda dari kampus, seorang klien, atau kustomer baru, Anda membutuhkan cara untuk menyimpan informasi masing-masing dari mereka.

Anda bisa menggunakan People Hub di Microsoft Outlook 2013 untuk menyimpan informasi kontak pribadi dan bisnis, termasuk nomor telepon, alamat, email, informasi situs, dan data pribadi. Folder Contacts merupakan database penuh fitur yang memungkinkan Anda menggunakan panggilan otomatis untuk menghubungi kontak, mengimpor data dari pengelola kontak atau database lain seperti Microsoft Access, membuat pesan baru untuk dikirimkan ke kontak, mengatur grup kontak, dan masih banyak lagi. People Hub juga mengintegrasikan akun jejaring sosial Anda seperti Facebook, Linkedin, dan situs jejaring sosial lainnya sehingga Anda bisa bekerja dengan kontak Anda pada akun tersebut.

Pada bagian ini Anda akan mempelajari folder Contacts, bagaimana membuat dan menyortir kontak dan menggunakannya untuk berbagai tugas lain, bagaimana menambahkan akun jejaring sosial, mengirim pesan email ke kontak, bekerja dengan kontak melalui buku alamat, menambahkan file ke kontak, dan mengelola serta mengorganisir kontak.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana menggunakan People Hub:

Mengelola kalender:


Kalender Microsoft Outlook 2013 menyederhanakan kompleknya mengelola jadwal meeting, janji, event, dan tugas-tugas. Anda bisa dengan cepat melihat agenda Anda dalam harian, mingguan, atau bulanan. Dengan Outlook, Anda tidak akan melewatkan janji makan siang atau melupakan meeting penting.

Anda bisa menggunakan Outlook untuk tetap mencatat meeting atau event rutin yang berulang sehingga Anda tidak perlu secera manual memasukkan item tersebut satu per satu. Outlook juga menyertakan alert/peringatan yang menampilkan pesan sebelum berlangsungnya meeting, janji, atau tugas sehingga Anda tidak melewatkannya.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana mengelola kalender Outlook 2013:

Bekerja dengan Task/tugas:


Microsoft Outlook 2013 telah menyertakan sebuah fitur yang bisa membantu Anda mencatat tugas-tugas. Folder Tasks akan menyimpan daftar tugas Anda. Anda bisa membuat tugas untuk Anda sendiri, menentukan tenggat waktunya, dan menandainya ketika tugas sudah diselesaikan. Anda juga bisa membuat tugas rutin yang berulang. Outlook juga memungkinkan Anda untuk mengirimkan tugas ke orang lain dan menerima update status mengenai tugas yang Anda berikan kepada orang lain tersebut. Pada bagian ini akan dijelaskan bagaimana menggunakan folder Tasks untuk membuat dan mengelola tugas-tugas dan bagaimana memberikan tugas ke orang lain.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana bekerja dan mengelola tugas-tugas:

Menggunakan fitur alert dan mobile:


Microsoft Outlook 2013 menawarkan beberapa fitur mobilitas bagus yang bisa membantu Anda mengintegrasikannya dengan ponsel Anda. Anda bisa mengkonfigurasikan Outlook untuk mengirimkan alert/peringatan ke ponsel Anda ketika menerima email atau pesan suara penting. Outlook juga bisa mengirimkan Anda pengingat/reminder janji dan meeting serta ringkasan jadwal harian Anda. Fitur ini bisa membantu Anda menghadiri meeting tepat waktu dan tidak melewatkan pesan penting ketika Anda sedang berada di luar kantor.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana menggunakan fitur alert dan mobile:

Menggunakan konten SharePoint di Outlook:


Microsoft SharePoint adalah solusi terkemuka untuk kolaborasi. User bisa berbagi dokumen, kalender, kontak, dan informasi lainnya di dalam tim atau di keseluruhan organisasi/perusahaan. Ketika Anda menambahkan fitur otomatisasi dan intelijen bisnis SharePoint, SharePoint menjadi kerangka kerja yang kaya untuk portal, dashboard, catatan manajemen, dan fitur kolaborasi lainnya. Meskipun banyak orang yang bekerja dengan konten Sharepoint melalui web browsernya, itu bukan merupakan satu-satunya cara untuk berinteraksi dengan konten tersebut. Anda bisa menggunakan Microsoft Outlook 2013 untuk bekerja dengan kalender, kontak, dan konten SharePoint lainnya; Anda bisa mengintegrasikan konten tersebut ke aplikasi yang Anda gunakan sepanjang hari, yaitu Outlook itu sendiri. Pada bagian ini Anda akan mempelajari bagaimana mengintegrasikan SharePoint dan Outlook.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana menggunakan konten SharePoint di Outlook 2013:

Menggunakan Lync di Outlook:


Microsoft Lync merupakan platform komunikasi terpadu yang menyediakan kemampuan untuk Instant Messaging (IM), konferensi audio dan video, dan panggilan suara. Pada lingkungan yang menggunakan Lync, Microsoft Outlook 2013 bisa diintegrasikan dengan Lync Client untuk menyederhanakan komunikasi. Pada bagian ini Anda akan mempelajari bagaimana menggunakan fitur utama Lync di dalam Outlook.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana menggunakan Lync di Outlook 2013:

Mengelola item dan folder:


Microsoft Outlook 2013 memberikan Anda beberapa cara untuk mengelola item dan folder, termasuk mengorganisir item dalam kategori, membuat dan menggunakan folder untuk menyimpan item, dan menggunakan tool Mailbox Cleanup.

Kemampuan Outlook 2013 dalam mengelola pesan percakapan sudah ditingkatkan. Anda bisa mengelompokkan pesan sehingga Anda bisa melihatnya pada folder yang telah Anda tentukan. Anda juga bisa menggunakan fitur Mailbox Cleanup untuk menghapus pesan duplikat.

Quick Steps merupakan fitur baru lainnya di Outlook 2013. Quick Steps sedikit terlihat seperti rule tapi tidak memiliki kondisi. Mereka bertindak berdasarkan yang telah Anda tentukan. Misalnya, Anda bisa membuat Quick Steps untuk memindahkan pesan ke folder tertentu.

Pada bagian ini akan dibahas bagaimana mengelola item dan folder Anda di Outlook 2013, bagaimana mengelompokkan item, mengorganisir folder, menghapus item, dan membersihkan folder.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana mengelola item dan folder:

Mengelola file:


Ketika digunakan tanpa Microsoft Exchange Server, Microsoft Outlook 2013 akan menyimpan data Anda (termasuk semua folder default dan kustom) pada sebuah file folder pribadi, atau file PST. Ketika digunakan dengan Exchange, mailbox Anda berada pada server, bukan pada komputer Anda. Ketika Anda membuka Outlook, program akan menghubungi server untuk menampilkan data Anda.

Terkadang komputer Anda tidak bisa berkomunikasi dengan server karena server sedang offline atau karena Anda tidak bisa melakukan koneksi ke jaringan. Pada situasi seperti itu, Outlook bisa menggunakan beberapa folder offline yang disimpan pada file folder offline, atau file OST. Outlook menyimpan data pada file OST dan akan melakukan sinkronisasi perubahan dengan mailbox jika koneksi ke server sudah bisa dilakukan.

Pada bagian ini Anda akan mempelajari bagaimana melakukan beberapa tugas dengan file data Outlook Anda, termasuk bagaimana menambahkan file data baru, menggunakan file yang sudah ada, dan mengimpor dan mengekspor item, bagaimana membackup dan mengembalikan data Outlook Anda pada file PST, dan bagaimana mengarsip item.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana mengelola file-file Outlook Anda:

Memodifikasi Outlook:


Salah satu fitur terbaik Outlook 2013 adalah kemampuannya membiarkan Anda mengubah-sesuaikan tampilan untuk menyesuaikan dengan cara Anda bekerja. Anda bisa memilih format pesan yang akan Anda kirimkan. Dengan menggunakan kalender, Anda bisa mengatur jadwal hari libur yang sesuai dengan bisnis atau organisasi/perusahaan Anda dan menentukan hari kerja Anda dalam satu minggu.

Selain itu, Anda juga bisa mengubah Ribbon dan Quick Access Toolbar untuk menyesuaikan dengan cara Anda menggunakan Outlook dan memudahkan mengakses fitur yang sering Anda gunakan. Outlook menawarkan banyak cara untuk menyesuaikan dengan preferensi Anda.

Berikut ini artikel-artikel yang membahas bagaimana memodifikasi Outlook 2013:
Advertisement