Cara Menggunakan Mailbox Cleanup Di Outlook 2013

Advertisement
Anda pasti memiliki kebiasaan merapikan pesan email, kontak lama, dan item-item lainnya dengan cara menghapusnya atau memindahkannya ke folder lain. Outlook 2013 telah menyediakan tool Mailbox Cleanup yang bisa Anda gunakan untuk membantu mengelola mailbox Anda. Tool ini bisa membantu Anda mengurangi ukuran mailbox untuk meningkatkan performa Outlook dan juga bisa digunakan untuk mengelola item mailbox dengan mudah.

Cara menggunakan tool Mailbox Cleanup:

  1. Pada Ribbon, klik tab File untuk menampilkan Backstage View.
  2. Klik Cleanup Tools, lalu klik Mailbox Cleanup pada menu yang ditampilkan.
  3. Pada kotak dialog Mailbox Cleanup, klik View Mailbox Size untuk menampilkan kotak dialog Folder Size.
  4. Review ukuran mailbox Anda dan folder Outlook lainnya.
  5. Klik Close.
  6. Klik AutoArchive untuk melakukan pengarsipan item berdasarkan pengaturan yang telah Anda buat untuk AutoArchive. Kotak dialog Mailbox Cleanup akan menutup secara otomatis ketika email Anda sedang diarsipkan.
Tips & Trik:
  • Tergantung dengan opsi AutoArchive yang telah diatur untuk folder, pesan yang lebih lama dari tanggal tertentu mungkin dihapus dari folder Anda dan ditempatkan pada Archive Folders. Jika Anda ingin mengakses pesan yang telah dipindahkan ke folder tersebut, buka folder tersebut dari Folder Pane, dan lihat pesan Anda pada jendela utama Outlook.
  • Anda bisa menggunakan dua opsi pencarian pada kotak dialog Mailbox Cleanup untuk mencari pesan lama atau pesan yang berukuran besar. Pada jendela hasil pencarian, Anda bisa memilih item-item dan menghapusnya dari mailbox Anda. Untuk menghapus item-item tersebut, pertama pilih item tersebut pada Results Pane, klik-kanan pada item, lalu klik Delete pada menu shortcut yang ditampilkan. Atau, cukup pilih item dan tekan tombol keyboard [DELETE].
  • Klik View Deleted Items Size untuk melihat ukuran dari folder Deleted Items. Klik Empty untuk menghapus secara permanen semua item yang ada di dalam folder Deleted Items.

Artikel terkait:
Advertisement