Cara Membuat Folder Pencarian (Search Folder) Di Outlook 2013

Advertisement
Dengan menggunakan folder pencarian (Search Folder), Anda bisa dengan cepat mencari pesan dimana pun lokasinya pada penyimpanan data Outlook 2013. Meskipun folder pencarian terlihat seperti folder Outlook lainnya, folder pencarian merupakan cara yang spesial untuk menampilkan hasil pencarian. Ketika Anda membuat folder pencarian, Anda akan menentukan kondisi pencariannya. Outlook kemudian menampilkan hasilnya di dalam folder tersebut. Namun, item yang ditampilkan pada folder pencarian sebenarnya berada di lokasi lain, folder pencarian hanyalah cara untuk mengelompokkan pesan pada satu lokasi View.

Cara membuat folder pencarian:

  1. Buka Inbox, klik-kanan pada Search Folders, lalu klik New Search Folder.
  2. Pada kotak dialog New Search Folder, scroll/gulung ke bagian bawah daftar lalu klik Create A Custom Search Folder.
  3. Klik Choose.
  4. Pada kotak dialog Custom Search Folder, di kotak teks Name, ketikkan nama untuk folder pencarian yang akan Anda buat.
  5. Klik Criteria.
  6. Pada kotak dialog Search Folder Criteria, klik From dan pilih kontak atau ketikkan alamat email pada kotak teks.
  7. Klik OK untuk menyimpan dan menutup kotak dialog Search Folder Criteria.
  8. Klik OK untuk menyimpan perubahan dan menutup kotak dialog Custom Search Folder.
  9. Klik OK untuk menyimpan perubahan dan menutup kotak dialog New Search Folder (Lihat keterangannya pada gambar diatas, dibawah langkah nomor 3).
Tips & Trik:
  • Opsi yang ada pada kotak dialog Search Folder Criteria memberikan Anda beragam kondisi untuk mendefinisikan pencarian. Misalnya, pada tab Messages, Anda bisa mencari kata atau frasa, menentukan pesan tersebut dari pengirim tertentu atau dikirim ke orang tertentu, dan mengatur pesan mana yang dikirim atau diterima pada rentang waktu tertentu.
  • Untuk mengubah sebuah folder pencarian, klik-kanan pada folder pencarian di Folder Pane, lalu klik Customize This Search Folder pada menu shortcut yang ditampilkan.
  • Folder pencarian Unread Mail menampilkan semua email yang belum dibaca, termasuk yang ada pada folder selain Inbox. Folder pencarian Categorized Mail menampilkan semua pesan yang memiliki kategori dari semua folder yang ada di mailbox Anda. Folder pencarian Categorized Mail hanya menampilkan pesan yang memiliki kategori saja, yang tidak memiliki kategori tidak ditampilkan.

Artikel terkait:
Advertisement