Cara Menggunakan Laporan Pengiriman Dan Laporan Pesan Sudah Dibaca Di Outlook 2013

Advertisement
Outlook 2013 bisa membantu Anda mengelola pesan email dengan melacak pesan apakah pesan tersebut sudah diterima dan dibaca oleh si penerima pesan. Anda bisa mengetahui ketika penerima pesan telah menerima dan membaca pesan yang Anda kirim.

Cara menggunakan laporan pengiriman dan laporan pesan sudah dibaca:

  1. Buka Inbox, lalu pada tab Home, di grup New, klik New Email untuk membuat pesan baru.
  2. Pada Ribbon, klik tab Options.
  3. Pilih check box Request A Delivery Receipt jika Anda ingin mendapatkan laporan email bahwa telah dikirim.
  4. Pilih check box Request A Read Receipt jika Anda ingin mendapatkan laporan bahwa email telah dibaca oleh si penerima pesan.
  5. Buatlah email seperti biasanya, lalu klik Send. Outlook akan mengirimkan laporan pengiriman ketika pesan sudah dikirimkan ke mailbox user (meskipun tidak semua server email mengirimkan laporan pengiriman).
Tips & Trik:
  • Pada kotak dialog Properties pesan, Anda bisa mengatur level prioritas sebuah pesan email. Klik daftar drop-down Importance lalu pilih Low, Normal, atau High. Pesan dengan level Low atau High tetap akan dikirimkan dengan kecepatan yang sama dengan Normal, tapi si penerima pesan akan melihat simbol yang mengindikasikan bahwa pesan tersebut penting.
  • Untuk mengatur Outlook agar semua pesan memiliki laporan pengiriman dan laporan bahwa pesan sudah dibaca, klik tab File untuk menampilkan Backstage View, klik tab Options, lalu klik Mail pada kotak dialog Outlook Options. Scroll/gulung kebawah sampai ke grup Tracking dan pilih Read Receipt Confirming The Recipient Viewed The Message dan Delivery Receipt Confirming The Message Was Delivered To The Recipient’s Email Server.

Artikel terkait:
Advertisement