Cara Menggunakan Grup Kontak Outlook 2013

Advertisement
Grup kontak (Contact Group) adalah sebuah grup yang terdiri dari kontak-kontak yang saling berhubungan karena satu hal, bisa satu tim, satu kepentingan, satu bidang, satu tugas, bahkan satu keluarga. Anda bisa mengirimkan pesan langsung ke semua anggota grup, yang mana setiap anggota grup ini akan menerima satu pesan yang sama. Grup kontak tersimpan di folder Contacts (People Hub) secara default. Grup kontak juga disebut sebagai daftar distribusi.

Cara membuat grup kontak:

  1. Pada tab Home, di grup New, klik tombol New Items.
  2. Klik More Items, lalu pada submenu yang muncul klik Contact Group.
  3. Klik pada field Name dan masukkan nama grup kontak baru.
  4. Pada Ribbon, klik Add Members, lalu pada daftar drop-down yang muncul pilih From Address Book untuk membuka kotak dialog Select Members.
  5. Pada daftar drop-down Address Book, pilih buku alamat yang berisi nama yang ingin anda tambahkan ke daftar distribusi.
  6. Pilih satu atau lebih nama dari daftar yang ditampilkan di field Name.
  7. Klik Members untuk menyalin nama ke kotak teks daftar alamat.
  8. Klik OK jika daftar Anda sudah lengkap.
  9. Pada Ribbon klik Save & Close.

Cara menggunakan grup kontak:

  1. Pada tab Home, di grup New, klik New Email untuk memulai pesan email baru.
  2. Klik To.
  3. Dari daftar Name, klik grup kontak yang ingin Anda kirimi pesan.
  4. Klik To.
  5. Klik OK.
Tips & Trik:
  • Anda bisa membagikan grup kontak ke user lain. Untuk melakukannya, buka pesan baru dan klik Attach Item, lalu pilih Outlook Item dari grup Include di tab Message pada Ribbon. Pada Look In List, pilih folder, seperti Contacts, yang ada daftar distribusi Anda. Pada Items List, pilih daftar distribusi yang akan Anda kirimkan. Klik OK untuk melampirkan daftar tersebut ke dalam pesan baru Anda.
  • Anda bisa menambahkan kontak yang sudah ada ke dalam grup kontak, dan Anda juga bisa menambahkan alamat-alamat lain yang tidak ada dalam kontak sebagai penerima pesan.
  • Ketika Anda menggunakan grup kontak, setiap orang yang ada pada grup akan menerima pesan yang sama. Jika Anda ingin mengirimkan pesan ke beberapa orang saja, buatlah grup kontak baru sebagai penerima atau pilih penerima secara individu pada kotak dialog Select names.

Artikel terkait:
Advertisement