Cara Memilih Format Pesan Dan Mengatur Format Defaultnya Di Outlook 2013

Advertisement
Ketika Anda membuat pesan email baru di Outlook 2013, Anda bisa menentukan formatnya. Format yang Anda pilih harus didukung oleh program email yang digunakan oleh si penerima pesan. Anda juga bisa mengatur agar semua pesan Anda menggunakan format yang sama. Anda bisa memilih mulai dari Plain Text, Rich Text, atau HTML sebagai default pesan Anda. Jika Anda ingin memasukkan gambar atau memformat teks pada pesan, Anda harus menggunakan Rich Text atau HTML.

Cara memilih format sebuah pesan:

  1. Buat sebuah pesan baru.
  2. Pada Ribbon, klik tab Format Text.
  3. Pada grup Format, pilih sebuah format untuk pesan Anda:
    • Untuk membuat pesan tanpa memformat teksnya, pilih Plain Text.
    • Untuk membuat pesan dengan dukungan HTML seperti memasukkan tabel, gambar, dan hyperlink, pilih HTML.
    • Untuk membuat pesan yang mendukung pemformatan teks, seperti memasukkan objek, jenis huruf, dan teks berwarna, pilih Rich Text.

Cara mengatur format pesan default:

  1. Pada Ribbon, klik tab File untuk menampilkan Backstage View, lalu klik tab Options.
  2. Pada kotak dialog Outlook Options, di kolom sebelah kiri, klik tab Mail.
  3. Klik daftar drop-down Compose Messages In This Format dan pilih format yang ingin Anda gunakan untuk semua pesan baru Anda.
  4. Klik OK.
Tips & Trik:
  • Jika Anda tidak yakin format apa yang bisa dibaca oleh si penerima pesan, gunakan opsi Plain Text.
  • Dengan menggunakan format HTML, pesan Anda bisa menggunakan gambar yang ada di internet. Untuk menyematkan gambar dari internet (bukan hyperlink) ke dalam pesan, klik tab Insert pada Ribbon, lalu pada grup Illustrations, klik Picture. Pada kotak dialog Insert Picture, klik kotak teks nama file dan ketikkan URL gambar dari internet. Selanjutnya, klik tanda-panah drop-down yang ada di samping tombol Insert dan pilih Insert And Link. Outlook akan mengambil gambar tersebut dan memasukkannya pada pesan.

Artikel terkait:
Advertisement