Cara Membuat Shape Dan Kotak Teks (Text Box) Di PowerPoint 2013

Advertisement
Anda bisa menggunakan fitur Shapes di PowerPoint 2013 untuk membuat berbagai objek, mulai dari garis, tanda-panah, kotak, callout, tombol action, dan lainnya. Ketika Anda membuat shape, Anda bisa memasukkan teks ke dalamnya; namun, teks tersebut tidak ditampilkan pada outline presentasi Anda. Jika Anda membuat tombol action, Anda bisa menghubungkannya dengan sebuah tindakan, seperti menjalankan program lain atau memutar suara ketika Anda klik tombol tersebut saat berada pada slide show. Selain berbagai bentuk shape, Anda juga bisa membuat kotak teks (text box), yang merupakan placeholder dimana Anda bisa memasukkan teks ke dalamnya. Secara default, kotak teks tidak memiliki border, sehingga teks ditampilkan melayang pada halaman Anda. Kotak teks ini juga tidak ditampilkan pada outline presentasi Anda.

Cara membuat shape:

  1. Pilih slide yang di dalamnya Anda ingin membuat shape, lalu klik tab Insert.
  2. Pada grup Illustrations, klik Shapes. Galeri Shapes ditampilkan dibawah tombol.
  3. Klik sebuah shape. Pointer mouse Anda berubah menjadi tanda plus.
  4. Drag/tarik untuk membuat shape ke ukuran yang Anda inginkan. Atau, klik pada slide untuk memasukkan shape dengan ukuran defaultnya.
  5. Ketikkan teks jika Anda ingin menambahkan teks ke dalam shape.
  6. Jika Anda menambahkan tombol action, kotak dialog Action Settings ditampilkan, dan Anda bisa memilih menautkan ke slide lain, presentasi, atau alamat situs (gunakan daftar drop-down untuk memilih tujuan link); menjalankan program; menjalankan macro; memulai sebuah tindakan; atau memutar suara. Atur sesuai yang Anda butuhkan.
  7. Klik OK untuk menyimpan pengaturannya.

Cara membuat kotak teks (text box):

  1. Pilih slide yang di dalamnya Anda ingin membuat kotak teks, lalu klik tab Insert.
  2. Pada grup Text, klik Text Box. Pointer mouse berubah menjadi tanda plus.
  3. Drag/tarik pada slide untuk membuat kotak teks, yang akan tetap terbuka untuk pengeditan.
  4. Ketikkan teks, lalu klik diluar kotak teks jika sudah selesai.
Tips & Trik:
  • Ada dua tab pada kotak dialog Action Settings: Mouse Click dan Mouse Over. Tergantung dengan tab yang Anda gunakan, tindakan akan dilakukan ketika Anda klik pada objek atau ketika Anda mengarahkan pointer mouse keatas objek ketika presentasi.
  • Anda juga bisa memformat kotak teks. Untuk melakukannya, klik-kanan pada teks, lalu klik Format Shape pada menu yang ditampilkan. Pada panel Format Shape, gunakan berbagai kategori pengaturan yang ada untuk menambahkan warna, border, 3-D dan efek rotasi, dan lainnya. Ketika Anda memilih shape yang telah Anda buat, tab kontekstual Drawing Tools|Format akan tersedia, yang dengannya Anda juga bisa mengatur pemformatannya.

Artikel terkait: