Cara Memasukkan Tabel, Baris, Dan Kolom Di PowerPoint 2013

Advertisement
Anda bisa menggunakan tabel untuk menyusun informasi dalam cell, mengorganisirnya berdasarkan baris dan kolom, atau untuk menampilkan hubungan antara sekumpulan data. Tabel memiliki opsi untuk memformat kolom dan baris tersebut dengan warna dan shading, yang bisa membantu orang yang melihat presentasi Anda untuk membedakan sekumpulan data dengan mudah.

Cara memasukkan tabel di dalam placeholder konten:

  1. Pada Normal View, di panel thumbnail, klik slide yang memiliki placeholder konten dimana Anda ingin memasukkan tabel. Atau, masukkan slide baru dengan placeholder konten melalui tab Home.
  2. Pada placeholder konten slide tersebut, klik icon Insert Table (kiri-atas). Kotak dialog Insert Table ditampilkan.
  3. Tentukan ukuran tabel yang Anda inginkan dengan cara mengubah entri pada kotak Number Of Columns dan Number Of Rows.
  4. Klik OK untuk membuat tabel kosong.

Cara memasukkan baris dan kolom ke dalam tabel:

  1. Klik pada sebuah tabel untuk memilihnya.
  2. Letakkan pointer mouse diatas sebuah kolom atau di sebelah kiri sebuah baris sampai pointer mouse berubah menjadi tanda-panah. Klik untuk memilih kolom atau baris tersebut.
  3. Pada Ribbon, klik tab kontekstual Table Tools|Layout.
  4. Pada grup Rows & Columns, klik tombol Insert Left atau Insert Right untuk memasukkan kolom ke sebelah kiri atau kanan kolom yang telah Anda pilih.
  5. Pada grup Rows & Columns, klik tombol Insert Above atau Insert Below untuk memasukkan baris diatas atau dibawah baris yang Anda pilih.
Tips & Trik:
  • Anda juga bisa memasukkan tabel dengan menggunakan menu Insert kemudian memilih Table, lalu klik dan drag/tarik diatas jumlah baris dan kolom yang Anda inginkan pada grid yang ditampilkan.
  • Layout slide Comparison sudah menyertakan placeholder title, dua placeholder subtitle, dan dua placeholder konten. Jika Anda ingin memasukkan dua tabel berdampingan dengan heading yang mendeskripsikan masing-masing konten, layout ini cukup berguna untuk dimanfaatkan.
  • Anda bisa membagi cell kolom tabel menjadi dua untuk memasukkan dua data tanpa harus menambahkan kolom baru. Pilih kolom dengan cara meletakkan pointer mouse diatas sebuah kolom sampai pointer mouse berubah menjadi tanda-panah, lalu klik untuk memilih kolom tersebut. Pada tab kontekstual Table Tools|Layout, di grup Merge, klik tombol Split Cells. Pada kotak dialog Split Cells yang ditampilkan, atur Number Of Rows sesuai kebutuhan lalu klik OK.

Artikel terkait:
Advertisement