Cara Membuat Dan Menambahkan Teks SmartArt Di PowerPoint 2013

Advertisement
SmartArt adalah sebuah tool pendiagraman yang bisa Anda gunakan untuk dengan cepat membuat semua jenis diagram dan grafik/chart alur kerja (Workflow). Setelah Anda memilih dan memasukkan diagram SmartArt, Anda kemudian bisa menggunakan panel outline untuk memasukkan teks yang akan mengisi beberapa kotak dan shape di dalam diagram. Anda bisa memasukkan atau menghapus elemen dengan mudah. SmartArt juga berfungsi seperti shape, sehingga setelah Anda memasukkan diagram, Anda bisa mengubah berbagai karakteristiknya dengan mengubah bentuknya, menambahkan shape, mengubah warna, dan lainnya.

Cara membuat SmartArt:

  1. Pada Normal View, di panel thumbnail, klik slide yang memiliki placeholder konten dimana Anda akan memasukkan objek SmartArt. Atau, masukkan slide baru dengan placeholder konten melalui tab Home.
  2. Pada placeholder konten slide, klik icon Insert A SmartArt Graphic (kanan atas). Kotak dialog Choose A SmartArt Graphic ditampilkan.
  3. Klik sebuah kategori di sebelah kiri.
  4. Klik sebuah model yang ada di panel tengah, dan lihat previewnya di sebelah kanan.
  5. Klik OK untuk memasukkan objek SmartArt.

Cara menambahkan teks ke dalam SmartArt

  1. Klik objek SmartArt untuk membukanya untuk diedit.
  2. Jika diperlukan, klik tombol tanda-panah-ke-kiri yang ada di kiri-tengah objek untuk membuka pane Text.
  3. Klik pada shape berlabel [Text] di dalam SmartArt, lalu ketikkan teks untuk shape tersebut.
  4. Klik placeholder [Text] selanjutnya lalu ketikkan teks (ditampilkan pada bullet atau shape berikutnya). Teks ditampilkan pada panel teks di sebelah kiri SmartArt; Anda juga bisa memasukkan teks disana. lanjutkan sampai Anda selesai memasukkan teks. Teks ditampilkan pada objek SmartArt. Jika Anda ingin menambahkan heading, tekan [ENTER] setelah mengetik entry paling atas.
  5. Ketika Anda selesai menambahkan teks, klik diluar shape.
Tips & Trik:
  • Untuk memasukkan SmartArt pada slide yang tidak memiliki placeholder konten, klik tab Insert lalu klik tombol SmartArt untuk memasukkan SmartArt ke dalam slide.
  • Tombol [TAB] berfungsi berbeda pada panel Text SmartArt. Jika Anda menekan [TAB] setelah klik pada placeholder [Text], titik penyisipan tidak berpindah ke baris selanjutnya seperti yang berlaku pada beberapa form atau program. Menekan [TAB] akan melakukan Indent baris satu level. Jika Anda klik placeholder [Text] dan menekan [SHIFT + TAB], baris akan naik satu level di dalam outline.
  • Beberapa model SmartArt menyertakan icon gambar. Klik icon ini untuk menampilkan jendela Insert Picture. Fitur ini sangat berguna pada diagram seperti bagan organisasi dimana Anda bisa memasukkan foto-foto orang yang ada di dalam organisasi Anda.

Artikel terkait: