Cara Membuat Grafik/Chart Di PowerPoint 2013

Advertisement
Grafik/chart adalah tool menarik untuk menghadirkan banyak informasi yang lebih cepat dipahami dalam format visual. Grafik di PowerPoint 2013 adalah menggunakan fitur grafik yang ada di Microsoft Excel. Ketika Anda memasukkan grafik, Excel akan terbuka sehingga Anda bisa memasukkan data yang dibutuhkan. Ketika Excel terbuka, itu menampilkan beberapa contoh data, yang membantu Anda dalam memasukkan data dengan format yang sesuai untuk bisa membentuk grafik. Fitur grafik di PowerPoint juga memiliki berbagai model grafik yang bisa Anda pilih.

Cara membuat grafik/chart:

  1. Pada Normal View, di panel thumbnail, klik slide yang memiliki placeholder konten yang ingin Anda masukkan grafik. Atau, masukkan slide baru dengan placeholder konten melalui tab Home.
  2. Pada placeholder konten di dalam slide, klik icon Insert Chart (tengah-atas). Kotak dialog Insert Chart ditampilkan.
  3. Di sebelah kiri, klik kategori grafik yang ingin Anda masukkan.
  4. Di sepanjang bagian atas, klik model grafik.
  5. Klik OK.
  6. Ubah contoh data grafik dengan sumber data Anda sendiri.
  7. Klik tombol Close pada jendela Excel untuk kembali ke PowerPoint dan melihat grafiknya.
Tips & Trik:
  • Mayoritas tipe grafik cocok untuk mengilustrasikan tren dari waktu ke waktu atau untuk membandingkan data. Beberapa kategori grafik terakhir seperti XY (Scatter), Stock, Surface, Radar, dan Combo adalah digunakan untuk tujuan tertentu. Luangkan sedikit waktu untuk mempelajari berbagai tipe grafik tersebut dengan menggunakan fitur Help untuk memastikan bahwa Anda sudah memilih tipe grafik yang benar untuk data Anda. Dan juga, lihat pada thumbnail yang ditampilkan ketika Anda memilih tipe grafik untuk melihat dan memastikan apakah tipe grafik tersebut cocok untuk mengilustrasikan data Anda.
  • Setelah membuat grafik, Anda bisa mengubah tipe grafik dengan cara klik Change Chart Type yang ada di grup Type pada tab kontekstual Chart Tools|Design. Kotak dialog Change Chart Type (yang mirip dengan kotak dialog Create Chart) ditampilkan, dan Anda bisa memilih tipe grafik lainnya untuk data Anda.

Artikel terkait:
Advertisement