Cara Menambahkan Border Dan Mensejajarkan (Align) Teks Pada Cell Tabel Di PowerPoint 2013

Advertisement
Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat tabel Anda mudah dibaca. Anda bisa menambahkan border pada cell untuk memperjelas informasi di dalam cell-nya. Anda bisa mensejajarkan teks secara horizontal atau vertikal. Anda bahkan bisa menggabungkan dua atau lebih cell.

Cara menambahkan border pada cell tabel:

  1. Drag/tarik di sepanjang tabel untuk memilih semua cell-nya. Atau, Anda bisa memilih cell, baris, atau kolom tertentu saja yang ingin Anda berikan border.
  2. Pada Ribbon, klik tab kontekstual Table Tools|Design.
  3. Pada grup Draw Borders, klik tanda-panah drop-down di sisi kanan tool Border. Daftar drop-down Borders ditampilkan.
  4. Pilih model border seperti All Borders untuk membuat border pada semua cell di dalam tabel, atau Outside Borders untuk membuat border hanya pada sisi luar cell yang Anda pilih.

Cara mensejajarkan (Align) teks di dalam cell tabel:

  1. Drag/tarik di sepanjang cell untuk memilih teks yang ingin Anda sejajarkan.
  2. Pada Ribbon, klik tab kontekstual Table Tools|Layout.
  3. Pada grup Alignment, klik tombol Align Left, Center, atau Align Right sesuai kebutuhan untuk mensejajarkan teks relatif dengan sisi cell.
  4. Pada grup Alignment, klik tombol Align Top, Center Vertically, atau Align Bottom untuk mensejajarkan teks antara atas dan bawah cell.
Tips & Trik:
  • Sebelum menerapkan border, gunakan daftar drop-down Pen Weight dan Pen Color yang ada di grup Draw Borders pada tab kontekstual Table Tools|Design untuk memilih pemformatan yang akan digunakan pada border baru.
  • Anda juga bisa klik tombol Arrange yang ada pada tab Home, klik Align Text, lalu klik salah satu perintah untuk mensejajarkan teks pada menu yang ditampilkan.
  • Untuk mensejajarkan tabel relatif dengan sisi slide Anda, pada ujung kanan tab kontekstual Table Tools|Layout, klik Arrange, arahkan ke Align, lalu pilih Align To Slide (jika layar komputer Anda beresolusi tinggi, mungkin Anda tidak perlu klik Arrange).

Artikel terkait: