Cara Membuat Tabel Pada Design View Di Access 2013

Advertisement
Membuat tabel di Design View memberikan kendali penuh terhadap bagaimana field dan properti diatur, tapi itu juga memerlukan lebih banyak pekerjaan daripada menggunakan teknik lain. Tiap field pada desain tabel memiliki sekumpulan properti yang bisa Anda biarkan saja nilai defaultnya. Anda bisa mengubah properti ini ketika Anda sudah paham lebih jauh fitur Access ini.

Fitur fantastik lainnya dari Access adalah bahwa Design View selalu bisa digunakan untuk memodifikasi struktur tabel yang sudah ada, tanpa memperhatikan teknik yang Anda pakai ketika membuat tabel tersebut.

Cara membuat tabel di Design View:

  1. Klik tab Create.
  2. Klik Table Design.
  3. Masukkan nama tiap field yang Anda inginkan di kolom Field Name.
  4. Pada daftar drop-down Data Type, pilih tipe data untuk tiap field.
  5. Klik Save.
  6. Berikan nama untuk tabel tersebut, lalu klik OK.
  7. Jika Anda tidak membuat Primary Key, Anda akan diminta untuk menambahkannya. Klik Yes untuk menambahkan Primary Key.
  8. Setelah menyimpan tabel, ID Primary Key baru ditambahkan ke tabel.
  9. Tabel sekarang muncul di Navigation Pane.
Tips & Trik:
  • Desainer biasanya menggunakan singkatan sebagai nama tabelnya, seperti: tblcustomer, tabel untuk menyimpan data customer. Gunakan nama yang singkat dan deskriptif untuk memudahkan Anda mengenali dan membedakan antara tabel dengan query.
  • Karena ada banyak pilihan dalam menggunakan nomor, Anda bisa menggunakan Long Integer untuk semua nomor, dan gunakan Double untuk nomor desimal.
  • Jika Anda tahu field mana yang tepat untuk dijadikan sebagai Primary Key, pilih field tersebut dan klik tombol Primary Key. Primary Key harus unik dan tidak bisa dikosongkan. Anda bisa menggunakan lebih dari satu field untuk dugunakan sebagai Primary Key, dimana tiap field tidak berisi nilai yang unik, tapi kombinasi field tersebutlah yang selalu unik.

Artikel terkait:
Advertisement